PANDUAN MATAST
PESANTREN TERPADU AL
MA’SHUM MARDIYAH
TAHUN PENDIDIKAN
2012-2013
A. Pendahuluan
Hari-hari pertama memasuki wilayah Kampus Terpadu
Al-Ma’shum Mardiyah bagi sebagian besar siswa dan santri baru merupakan awal
perkenalan dengan lingkunan baru, suasana baru, teman-teman baru, bapak ibu
guru (ustadz/ustadzah) baru, baju seragam baru dan hampir semuanya serba baru,
dengan terlebih dahulu berani meninggalkan sebagian besar yang lama di
lingkungan rumah dan sekolah asal.
Pengalaman awal dalam lingkungan baru dapat mempengaruhi
kesan umum terhadap lingkungan tersebut. Dengan mengikuti kegiatan ini kami
berharap adik-adik peserta matast dapat beradaptasi dengan lingkungan Al
Ma’shum Mardiyah, sehingga untuk ke depan dapat mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran
dengan baik.
B. Visi
Membentuk generasi muslim yang kuat
aqidah, taat ibadah, mulia akhlak, terpadu dan unggul dalam ilmu pengetahuan
dan teknologi.
C. Misi
1. Menyelenggarakan
pendidikan terpadu dengan sistem boarding school 6 tahun (usia SMP s.d.
SMA)
2. Menyelenggarakan
pendidikan yang berorientasi kepada 3 ranah pendidikan Islam, yaitu Tarbiyah
(Pendidikan, pengasuhan, dan bimbingan intensif), Ta’lim (pengajaran, transfer
ilmu pengetahuan), dan Takdieb (pembentukan karakter muslim)
3. Membudayakan
budaya taat ibadah (shalat berjamaah di awal waktu), budaya toleransi
khilafiyah, budaya disiplin (menghargai waktu), budaya sehat (tidak merokok),
dan budaya bersih (membuang sampah pada tempatnya)
4. Mengembangkan
kecerdasan intelektual dan spiritual secara integral
5. Menciptakan
suasana pembelajaran yang islami, aktif, kondusif, efektif dan menyenangkan.
6. Mengembangkan
minat, bakat dan kreativitas peserta didik.
D. Tujuan Matast
1. Membantu santri/siswa
baru mengenal dan memahami kebiasaan-kebiasaan, norma, tatakrama dan aturan
disiplin yang berlaku di Al-Ma’shum Mardiyah.
2. Membantu santri/siswa
baru dalam mengenal lebih dekat lingkungan Kampus Terpadu Al-Ma’shum Mardiyah,
sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif.
3. Mendorong santri/siswa
untuk bersikap proaktif dan produktif dalam mengenali lingkungan sosial
barunya, dari mulai mengenal tenaga pendidik, karyawan, kakak dan adik kelas
bagi siswa baru SMA-T, seluruh kakak kelas bagi siswa baru SMP-T, sehingga
diharapkan yang bersangkutan akan merasa betah, aman dan nyaman berada di
Kampus Terpadu Al-Ma’shum Mardiyah.
4. Memberikan pengetahuan
dan pemahaman bagi santri/siswa baru akan hak dan kewajibannya sebagi bagian
dari keluarga besar Al-Ma’shum Mardiyah.
5. Mendorong
santri baru untuk aktif menambah pemahamannya melalui pengamatan lingkungan
baru.
E. Jadwal Kegiatan Matast
SUSUNAN ACARA
|
|||||
MASA TA'ARUF SANTRI TERPADU (MATAST) MM
2012-2013
|
|||||
Senin, 9 Juli 2012
|
|||||
No
|
Waktu
|
Kegiatan/Materi
|
Pemateri/
penjab
|
Penanggung Jawab
|
Tempat
|
Pra MATAST
|
|||||
1
|
04.00-05.00
|
Shalat Shubuh
|
Individu
|
Khairana & Muhsin
|
Masjid
|
2
|
05.00-05.30
|
Ucapan selamat datang
|
H. Dede Muharramsyah, S.Psi
|
Ilman Syakir
|
Masjid
|
3
|
05.30-06.30
|
Mandi
|
Individu
|
Widya& Kakung
|
Asrama
|
4
|
06.30-07.00
|
Makan
|
Individu
|
Widya& Kakung
|
Asrama
|
5
|
07.00-07.15
|
Apel pagi
|
M Rizki M.Y
|
M Khairul Afif
|
Lap. SMA
|
6
|
07.15-08.45
|
Gladi upacara pembukaan
|
M Rizki M.Y
|
M Khairul Afif
|
Lap. SMA
|
7
|
08.45-09.00
|
Pengkondisian
|
CL
|
Andriana R.Z&M.Zubair
|
Lap. SMA
|
8
|
09.00-11.00
|
Pembinaan Kemandirian di Asrama
|
Hj. Herna Affandi
|
Victy Felistiany
|
Aula
|
9
|
10.00-11.30
|
Pembacaan Tata tertib
|
M Rizki M.Y
|
Fathiyya NR
|
Aula
|
10
|
11.30-13.00
|
ISHOMA
|
Individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid & Asrama
|
11
|
13.00-15.00
|
Pembagian kelompok+ dinamika
kelompok+Pembagian draft
|
Bag. Acara
|
Ilman Syakir
|
Masjid
|
12
|
15.00-16.00
|
shalat ashar+tadarus
|
Individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
13
|
16.00-17.30
|
Ekspresi santri
|
Individu
|
Widya&Kakung
|
Asrama
|
14
|
17.30-18.30
|
shalat maghrib
|
Individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
15
|
18.30-19.00
|
makan malam
|
Individu
|
widya &kakung
|
Asrama
|
16
|
19.00-20.00
|
shalat isya
|
Individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
17
|
20.00-20.30
|
Ekspresi santri
|
Individu
|
widya &kakung
|
Lap. SMA
|
18
|
20.30-21.30
|
Apel malam
|
M Rizki M.Y
|
M Khairul Afif
|
Asrama
|
19
|
21.30-04.00
|
Tidur
|
Individu
|
dra.Ellyda
|
Asrama
|
Selasa, 10 Juli 2012
|
|||||
No
|
Waktu
|
Kegiatan/Materi
|
Pemateri/ Penjab
|
Penanggung Jawab
|
Tempat
|
1
|
04.00-05.00
|
Shalat Shubuh
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
2
|
05.00-05.15
|
Tadarus
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
3
|
05.15-06.50
|
Persiapan Individual
|
individu
|
Widya&Kakung
|
Asrama
|
4
|
07.00-08.00
|
Shalat Dhuha
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
5
|
08.00-09.00
|
Upacara Pembukaan
|
dibuka oleh H. Heru Hernadi
|
M.Khairul Afif
|
Lapangan
|
6
|
09.00-09.15
|
Pengkondisian
|
CL
|
Shintia DP&Dian Apriliani
|
Aula
|
7
|
09.15-10.45
|
Hymne MM+Ikrar santri
|
Panitia
|
N.Annisa P&M.zubair
|
Aula
|
8
|
10.45-11.00
|
Pengkondisian
|
CL
|
Andriana&M.Zubair
|
Aula
|
9
|
11.00-11.45
|
Peran Pemuda Generasi Islam
|
H. Udjuh Djuhandi, S.Sos
|
Fathiyya NR
|
Aula
|
10
|
11.45-13.00
|
ISHOMA
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid&Asrama
|
11
|
13.00-13.30
|
Pengkondisian + Games
|
CL&Tim kreatif
|
Andriana&Nurjanah P
|
Aula
|
12
|
13.30-14.45
|
Wawasan Kebangsaan
|
Teten Rustandi, S.Ag.
|
Khairana
|
Aula
|
13
|
14.45-15.00
|
Persiapan Shalat Ashar
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Asrama
|
14
|
15.00-16.00
|
Shalat Ashar + Qur'an
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
15
|
16.00-17.00
|
Ekspresi santri
|
individu
|
Widya&Kakung
|
Lingkungan MM
|
16
|
17.00 - 17.20
|
Shalat maghrib
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Asrama
|
17
|
17.20 - 17.40
|
Do'a - Do'a
|
Panitia
|
Dian A&Apap L
|
Masjid
|
18
|
17.40-20.00
|
ISHOMA
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid&Asrama
|
19
|
20.00-21.30
|
Pengenalan OSIMA
|
Dede Muharamsyah S.Psi
|
Ilman Syakir
|
Aula
|
20
|
21.30-21.45
|
Apel Malam
|
M.Rizki.MY
|
M.Khairul Afif
|
Lap.SMA
|
21
|
21.45-22.00
|
Persiapan tidur
|
individu
|
dra.Ellyda
|
Asrama
|
Rabu, 11 Juli 2012
|
|||||
No
|
Waktu
|
Kegiatan/Materi
|
Pemateri/ penjab
|
Penanggung jawab
|
Tempat
|
1
|
03.00-05.00
|
Shalat Tahajjud + Shalat Shubuh
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
2
|
05.00-06.00
|
Pengenalan tata tertib santri
|
Deni Mulyadi, S.Pd.I
|
Khairana
|
Masjid
|
3
|
06.00-07.00
|
Makan + mandi
|
individu
|
Widya&Kakung
|
Asrama
|
4
|
07.00-07.15
|
Apel Pagi
|
M.Rizki MY
|
M.Khairul Afif
|
Lap. SMA
|
5
|
08.15-09.45
|
Kurikulum Pesantren Terpadu
|
Dede Muharamsyah S.Psi
|
Victy Felistiany
|
Aula
|
6
|
09.45-10.15
|
Shalat Dhuha
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
7
|
10.15-11.15
|
Kurikulum SMPT dan SMAT
|
H. Muhtadin, S.Sos.I, Nana Mulyana, S.Pd
|
Fathiyya NR
|
Aula SMP dan SMA
|
8
|
11.15-11.35
|
Do'a-Do'a
|
panitia
|
Dian A&Apap L
|
Aula
|
9
|
11.35-13.30
|
ISHOMA
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
10
|
13.30-13.45
|
Pengkondisian
|
CL
|
Andriana RZ
|
Aula
|
11
|
13.45-15.00
|
Nizhomul Ma’had
|
Deni Mulyadi, S.Pd
|
M.Khairul Afif
|
Masjid
|
12
|
15.00-16.00
|
Shalat ashar + Tadarus
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
13
|
16.00-17.30
|
Ekspresi Santri
|
individu
|
Widya&Kakung
|
Lingkungan MM
|
14
|
17.30-17.45
|
Makan
|
individu
|
Widya&Kakung
|
Asrama
|
15
|
17.45-18.20
|
Shalat Maghrib
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
16
|
18.20-19.00
|
Visi dan Misi al Ma'shum Mardiyah
|
Dr. H. Umay M Dja'far Shiddieq, M.A.
|
Ilman Syakir
|
Masjid
|
17
|
19.00-20.00
|
Shalat Isya
|
individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
18
|
20.00-21.30
|
Pendidikan Terpadu Al-Ma'shum Mardiyah
|
Dr. H. Umay M. Dja'far Shiddieq, M.A.
|
Victy Felistiany
|
Aula
|
19
|
21.30-21.45
|
Apel malam
|
M.Rizki MY
|
M.Khairul Afif
|
Lap. SMA
|
20
|
21.45-22.00
|
Tidur
|
individu
|
dra.Ellyda
|
Asrama
|
Kamis, 12 Juli 2012
|
|||||
No
|
Waktu
|
Kegiatan/ Materi
|
Pemateri
|
Penanggung Jawab
|
Tempat
|
1
|
03.00-05.00
|
Shalat Tahajjud + Shalat Shubuh
|
Individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
2
|
05.00-06.00
|
Persiapan + Apel pagi
|
M.Rizki MY
|
M.Khairul Afif
|
Lap.SMA
|
3
|
06.00-15.00
|
Wide Game
|
Tim. Kreatif
|
Apap L&Nurjanah
|
Lingkungan Sekitar
|
4
|
15.00-17.00
|
Persiapan Pensi
|
Tim. Kreatif
|
Apap L&Nurjanah
|
Lingkungan MM
|
5
|
17.00-20.00
|
ISHOMA
|
Individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
6
|
20.00-22.00
|
Api Unggun + Apel malam
|
Tim. Kreatif
|
Apap L&Nurjanah
|
Lapangan
|
Jum'at, 13 Juli 2012
|
|||||
No
|
Waktu
|
Kegiatan/ Materi
|
Pemateri
|
Penanggung Jawab
|
Tempat
|
1
|
03.00-05.00
|
Shalat Tahajjud + Shalat Shubuh
|
Individu
|
Khairana&Muhsin
|
Masjid
|
2
|
05.00-07.15
|
Persiapan upacara penutup
|
M Rizki MY
|
M.Khairul Afif
|
lap.SMA
|
3
|
07.15-09.00
|
Upacara penutup
|
M Rizki MY
|
M.Khairul Afif
|
lap.SMA
|
F. Tata Tertib Matast
1.
Santri wajib
mengikuti MATAST, baik santri baru dari luar ataupun dari MM. Jika santri tidak
mengikuti MATAST selama berlangsung, santri wajib mengulang kegiatan MATAST
tahun depan.
2.
Peserta wajib datang
pada setiap materi MATAST berlangsung.
3.
Peserta berada
dalam ruangan 5 menit sebelum acara
berlangsung.
4.
Peserta dilarang
membawa atau menyimpan senjata tajam.
5.
Peserta dilarang
membawa barang elektronik seperti : Kamera, HP, Walkman dsb.
6.
Peserta dilarang
membawa rokok dan narkoba.
7.
Peserta wajib
mengenakan pakaian seragam yang telah ditentukan.
8.
Peserta wajib menaruh
sepatu atau sandal dengan rapi dan siap pakai.
9.
Apabila peserta
hendak mengajukan pertanyaan harus dengan bahasa yang sopan.
10.
Peserta dalam bergaul
harus berpedoman pada delapan jalur hubungan.
11.
Peserta dilarang
membuat gank atau mengintimidasi peserta yang lain.
12.
Peserta dilarang
mengeluarkan kata kata kotor dan kasar.
13.
Peserta wajib
mematuhi dan mentaati tata tertib yang berlaku di pondok pesatren Al-Ma’shum
Mardiyah.
G. Penyelenggara, Pengelola, Guru dan TU
1. Penyelenggara dan Pengelola
Pembina :
Dr. H. Loet Affandi, Sp. OG
Ir. H. Abdullah Sodik, M.H.
Pengurus : Ny. Hj. Herna Affandi
Badan Pengurus
Ketua :
Dr. H. Umay M. Dja’far Shiddieq, MA.
Wakil Ketua : H. Muhammad Hernadi, S.E.Ak.
Sekretaris : Hj. Ferina Intan Lusia, S.Kes.
Wakil Sekretaris :
Dian Trisnawati A
Bendahara : Ir. Hj. Dewi Andria
Pelaksana Harian Yayasan
Bidang Keuangan dan Sarana : H. Sri Widodo, S.Ag.
Bidang Sumber Daya Manusia : H. Udjuh Djuhandi, S.Sos.
Bidang Pendidikan : H. Dede
Muharamsyah, S.Psi.
Kepala Pesantren : H.Dede
Muharamsyah, S.Psi.
Kepala SMP : H.
Muhtadin, S. Sos.I
Kepala SMA : Endi
Rustandi, S.Pd.
2. Staf Pengajar
No.
|
Nama
|
Pendidikan
|
Mata Pelajaran
|
1
|
Andi Abdul
Kadir, S.Pd
|
S1 Uninus
Bandung
|
B. Inggris
|
2
|
Anggraeni
Putri Muyawati, S.Si.
|
S1 UIN Malang
|
Kimia
|
3
|
Aqillatul
Muallamah
|
Ponpes Dar Al
Qur'an Al Islami Tegal
|
Tahfidzul Qur'an
|
4
|
Dadang
Aliyudin, S.S
|
S1 UIN Bandung
|
Seni Budaya
|
5
|
Deni Mulyadi,
S.Pd.I
|
S1 STAIS Al
Azhari Cianjur
|
TQ dan Syariah Ibadah
|
6
|
Deny Sopyan
Putra, SE
|
S1 Univ.
Proklamasi Yogyakarta
|
Ekonomi
|
7
|
Drs. H.
Dharsono Sumardjo
|
S1 IKIP
Jakarta
|
Biologi
|
8
|
Ela Nurlaela
S,Pd.
|
S1 UPI Bandung
|
Geografi
|
9
|
Enang
Hidayat,M.Ag
|
S2 UIN Bandung
|
Ulumul Hadits & UQ
|
10
|
Endi Rustandi,
S.Pd
|
S1 Uninus
Bandung
|
Matematika
|
11
|
Fauziah, S.Pd
|
S1 Unsur
Cianjur
|
B. Indonesia
|
12
|
Fendi
Supratman, S. Pd
|
S1 IKIP
Purworejo
|
Fisika
|
13
|
H. Muhtadin,
S. Sos. I
|
S1 Al Amin
Madura
|
Syariah Ibadah
|
14
|
H. Sri Widodo,
S. Ag.
|
S1 UIN Jakarta
|
IPS
|
15
|
H. Taufiq
Hidayatullah
|
Ponpes Dar Al
Qur'an Al Islami Tegal
|
Tahfidzul Qur'an
|
16
|
Ismatulloh
Zaky,S.Pd.I
|
S1 STAIN
Cirebon
|
Tajwid
|
17
|
Leny Liberti
Gill, S.Pd
|
S1 Unsur
Cianjur
|
B. Indonesia
|
18
|
Lukman Hakim,
S.Pd.
|
S1 Unsur
Cianjur
|
PPKn
|
19
|
Maria Puspa
Sari S.Pd.
|
S1 Unsur
Cianjur
|
Matematika
|
20
|
Nana Mulyana,
S.Pd
|
S1 UPI Bandung
|
B. Indonesia
|
21
|
Nurul
Hidayati, S. Pd I
|
S1 Al Amin
Madura
|
Syariah Ibadah
|
22
|
Opan Sopandi,
S.Pd.
|
S1 STAIM
Bandung
|
Bahasa Daerah
|
23
|
Ratih Lelah
Inayatillah, S.Psi
|
S1 UIN Bandung
|
Bimbingan Konseling
|
24
|
Rudi Permana,
S.S
|
S1 STBA Yapari
|
B. Inggris
|
25
|
Ruslan Gunawan
|
Bahasa Arab
|
|
26
|
Rony Gilang R,
S.Pd
|
S1 UPI Bandung
|
Olahraga
|
27
|
Santi Mulyani,
S.Pd
|
S1 Uninus
Bandung
|
Matematika
|
28
|
Sari suci
Wulandari, S.Pd.
|
S1 IKIP
Jakarta
|
Seni Budaya
|
29
|
Teten
Rustandi, S.Ag
|
S1 STIT
Cianjur
|
IPS
|
30
|
Yadi Awaludin
S,S.Kom
|
S1 Univ. Budi
Luhur Jakarta
|
TIK
|
31
|
Dendi Ramdani,
ST
|
S1
|
TIK
|
3. Kepala Asrama dan TU
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1
|
Rahadianto,
S.H.
|
Kepala Asrama
Putra
|
2
|
Dra. Ellyda
|
Kepala Asrama
Putri
|
3
|
Lidayati
Mardiyah, S.E
|
Staf Keuangan
Yayasan
|
4
|
Bedi Sukwan
|
Staf Keuangan
Yayasan
|
5
|
Herdi
Kurniawan
|
Staf
Administrasi Yayasan
|
6
|
Yuyu Yuningsih,
S.ST
|
TU Pesantren
|
7
|
Andi Nazarudin
Islami, S.Pd.I
|
TU SMP
|
8
|
Dedah Risliani
|
TU SMP
|
9
|
Agus Fauzi
|
TU SMA
|
10
|
Uus Kusnadi
|
TU SMP
|
11
|
Asep Nurjana
|
TU SMA
|
H. Daftar Nama Pengurus OSIMA
Ketua
Putra : Acep Koswara
Ketua
Putri : Shintia Dyah
Purwita
Sekertaris
Putra : M. Rizki Maulana Yusuf
Sekertaris
Putri : Fathiyya Nur Rachman
Bendahara
Putra : Ilman Syakir Saputra
Bendahara
Putri : Tengku Hana Hanifah
Bag. Kedisiplinan : Andriana Rustaman
Zaini
Siti
Aisyah
Nur
Annisa Pardisa
Sonia Mustika Rahayu
Bag. Pendidikan : Apap Lubis
Syammas Pinastika
Dian
Afriliani
Widiya A Yanti
Bag. Ta’mir Masjid : M. Muhsin Maulana
M. Fachriansyah
Nurjannah Paojiah
Ummu
Khairana
Bag. Keputrian : Ai Syifa
Ethykawati Koswara
Bag. Bahasa :
M. Zubeir Arhestha
Najib
Sulistio
Victy Felistiani
Siti Maulida
Nisrina Habibah Rosyad
Bag. K3 : Diki Kurniawan
Chairunnisa
Ratu Anggiea
Maulidina Rahmawati
Bag. Olah Raga : Fahmi Hikmah Faishal
Robi Kris Susanto
Venska Denisha Andani
Rizsa Chasanah Putri
Ummu Khairani
Bag. Pramuka :
Hifni Fahrevi
M. Khairul Afif
Nazlah
Masdini Hanifah Hafni
I. Delapan Jalur Hubungan
1. Beribadah
kepada Allah SWT
2. Taat
kepada Rasulullah SAW
3. Berbakti
kepada Ibu Bapak
4. Memuliakan
Guru
5. Menghormati
yang lebih tua
6. Menghargai
sesama
7. Menyayangi
yang lebih muda
8. Menjaga
lingkungan
J. Ikrar Santri
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَشْهَدُ اَنْ لَا
اِلهَ إِلَّا اللَّهُ, وأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
رَضِيْتُ بالله رَبّاً, وَبِالِإسْلاَمِ دِيْناً ,وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيّاً وَرَسُولًا, وَبِالقُرْآنِ اِمَامًا
وَحُكْمًا
Aku santri Pesantren
Terpadu al Ma’shum Mardiyah berikrar bahwa :
Allah Tuhan Yang
Mengurus dan Mengawasiku
Aku jujur, Allah
tahu. Aku dusta, Allah tahu.
Dan aku akan
mempertanggungjawabkan segala perbuatanku di hadapanNya.
K. Doa (Doa sebelum dan sesudah belajar, doa untuk Ibu
Bapak)
1. Doa Qobla Ta’lim
اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَيناَ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْناَ
مِنْ خَزَآئِنِ رَحْمَتِكَ يآَاَرْحَمَ الرّاَ حِمِيْنَ
اَللَهُمَّ نَوِّرْ قَلْبِيْ
بِنُوْرِ هِداَيَتِكَ كَماَ نَوَّرْتَ اْلاَرْضَ بِنُوْرِ شَمْسِكَ اَبَداً
اَبَداً،
بِرَحْمَتِكَ يآاَرْحَمَ
الرّاَحِمِيْنَ.
رَبِّ زِدْنِيْ عِلماً وَارْزُقْنِيْ فَهْماً ، وَعَمَلاً صاَلِحاً
مُتَقَبَّلاً . آَمِين ، آمِيْن ، ياَ
مُجِيْبَ السآَئِلِينَ
Yaa Allah...! Bukakan
atas kami hikmah(ilmu)Mu, dan tebarkanlah atas kami dari khazanah rahmat-Mu,
wahai yang maha pengasih dari sekalian yang pengasih. Yaa Allah terangi hati ku
dengan cahaya hidayah-Mu sebagaimana telah Engkau terangi bumi ini dengan sinar
matahariMu selama lamanya. Yaa Tuhanku tambahi ilmuku, berikan aku mengerti,
dan dapat beramal saleh yang diterima. Perkenankanlah do’a kami, wahai yang
maha mengabulkan do’a para pemohon.
2. Doa Ba’da Ta’lim
اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي باِلقُرْآنِ، وَاجْعَلْهً لِيْ
اِماَماً وَنوُرْاً وَ هُدىً وَرَحْمَةً،
اَللّهُمَّ
ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ ماَ نَسِيْتُ، وَ عَلِّمْنِيْ مِنْهُ ماَ جَهِلْتُ وَارْزُقْنِيْ
تِلاَوَتَهُ
آنآء
الَيْلِ وَاَطْراَ فَ النَّهاَرِ وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يآ رَبَّ الْعاَلَمِيْنَ
Allaahumma sayangi aku dengan Qur-an, Jadikan ia panutan, nur, rahmah, bimbingan
Allaahumma, ingatkan aku yang telah lupa,
beri tahu aku yang belum bisa (2x)
Berikanku dapat baca di tengah malam,
dan penghujung
siang
Jadikan ia pembela Yaaaaaaa ...Tuhan semesta
3. Doa untuk Ibu Bapak dan Ashabul Mardiyah
رَبّ
اغْفِرْلِى وَلِوَلِدَيَّ وَرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَيَانِي صَغِيْرًا 3x
Ya Allah, Ya Rozaq,
Ya Fatah, Ya ‘Alim, Ya Hakim
Puji dan Syukur
kupanjatkan kepada-Mu,
Engkau telah bukakan
hati hamba-Mu …………………
Membantu jihadku di
jalanmu
Ya Allah, jadikanlah
jiwa-jiwa muthma’innah
Keluarga mereka
sakinah,
Putra-putri mereka
sholih dan sholihah
Rizqi mereka halal
dan berkah
Sisa hidup mereka
Engkau bimbing taufik hidayah
Wafat mereka khusnul
khatimah
Di akhirat Engkau
pusakakan Al Jannah
Ya dzaljala li wal
ikrom
L. Shalawat Da’im
SHOLAWAT DA’IM
(Syair Santri Kekasih
Allah)
صَلّ وَ
سَلّمْ دَا ئِمًا عَلَى احْمَدَ 2x
وَالْاَلِ
وَالْاَصْحَابِ مَنْ قَدْ وَحَدَ 2x
Shalawat dan Salam
bagi insan pilihan
Muhammad teladan bagi
seluruh insan
Keluarga sahabatnya
sekalian
Pengikut setiannya
sepanjang zaman
Allahu ya Allah
terimalah syukur kami,
Bahagian cita kini
terbukti,
Meski masih kecil,
kami tak kecil hati
Karena janji-Mu
pejuang Engkau sertai
Sayang, sayang, orang
bodoh tak mau ngaji
Lebih parah lagi
orang miskin tinggi hati
Atau orang kaya
sombongnya setengah mati
Tidak menyadari kaya
anugerah ilahi
Heran memang heran
banyak anak tidak nyantren
Menurut mereka jadi
santri kurang keren
Tak jadi pejabat tak
mungkin punya babybenz
Sementara santri
pilihan Allah yang beken
Dulu di pesantren
hanya keakhiratan
Sekarang pesantren
songsong tantangan zaman
Bukan saja santri mungkin
punya babybenz
Bahkan alumninya
mungkin jadi presiden
Beruntunglah anak
yang sadar berjuang
Menuntut ilmu sejak
malam hingga siang
Tidak ada waktu
mubadzir terbuang
Ibadah, belajar
dijalani dengan senang
Latihan pertama jauh
dari orang tua
Membina pribadi
dengan ganti suasana
Masa kanak-kanak
memang harus ditinggalkan
Beranjak dewasa
segera disesuaikan
Bukan lagi waktu
hidup bermanja-manja
Menatap ke depan
menyadari realita
Tantangan dilawan
godaan ditahan
Menang dengan syetan
menjadi kekasih Tuhan
M. Hymne al Ma’shum Mardiyah
HYMNE AL MA’SHUM
MARDIYAH
Pagi hari sunyi
segera bangkitlah
Segera bersuci
menyongsong berkah
Kami putra-putri Al
Ma’shum Mardiyah
Menyatukan hati gapai
Mardlotillah
Satu dalam akidah
Berjamaah dalam
ibadah
Toleransi khilafiyah
Menjunjung prinsip
ukhuwah
Iman menghujam kalbu
Akal mengolah ilmu
Beribadah dengan
khusyu
Umat dan bangsaku maju
Inilah kami putra dan
putri
Pembawa panji benar dan suci
Hidup mulia atau mati
syuhada
Memajukan negeri
Menghamba yang Esa.
N.
Niz’ham Al-Mahad
A.
Adab Murid Terhadap Dirinya
1.
Menyadari diri sebagai manusia
yang lahir ke duania dengan tidak mengetahui apa-apa (bodoh) lalu Allah memberi
pende ngaran, penglihatan dan akal fikiran itu untuk memahami ayat-ayat Allah
(ilmu) sehingga dia dapat bersyukur (QS. 16:78)
2.
Menyadari diri sebagai makhluk
yang diciptakan hanya untuk beribadah, di mana ibadah itu memerlukan ilmu (QS.
51:56)
3.
Tawadhu’ (rendah hati) jauh
dari sombong, karena hidayah Allah tentang ayat-ayat-Nya tidak diberikan kepada
orang yang sombong (QS. 7:146), meskipun ilmu yang diajarkan gurunya boleh jadi
sudah dikuasainya.
4.
Bersuci dari kotoran, najis dan
hadats.
5.
Berpakaian yang sopan dan sesuai
dengan akhlak busana muslim
6.
Menghindarkan diri dari hal-hal
yang akan mengganggu komunikasi dengan guru atau rekannya, seperti bau badan,
bau mulut, dan hal-hal lain yang tidak disukai lainnya (almakruhat)
7.
Mengosongkan pikiran untuk ilmu
yang akan diterima dari guru, dengan membuka akal dan hati untuk siap menerima
curahannya
B.
Adab Murid Tehadap Ilmu
1.
Menyadari bahwa ilmu pengetahuan
dan teknologi itu alat untuk mencapai derajat yang tinggi di dunia, sedangkan
iman dan amal saleh untuk memperoleh derajat yang tinggi di akhirat (QS. 58:11)
2.
Memperoleh ilmu adalah kebutuhan
hidup, bukan sebagai beban hidup
3.
Ilmu adalah bahagian dari cahaya
Allah, sedangkan cahaya Allah tidak akan dipancarkan kepada orang yang durhaka
kepada-Nya
4.
Konsentrasi penuh kepada pelajaran
yang sedang diajarkan guru
5.
Mensyukuri ni’mat Allah yang telah
membukakan pikirannya untuk memahami bahagian dari ayat-ayat-Nya, dan kalau
belum faham segera berdo’a agar Allah berkenan membuka hidayah-Nya, sambil
bersabar dan berusaha.
6.
Menyadari dan menghayati perbedaan
orang-orang yang berilmu (pintar) dengan orang-orang yang tidak berilmu (bodoh)
sebagai mana yang diisyaratkan (QS. 39:9)
6.1. Orang
berilmu, pengetahuannya banyak, orang yang tidak berilmu pengetahuannya sedikit
(terbatas)
6.2. Orang
berilmu, wawasannya luas, orang yang tidak berilmu, wawasannya sempit.
6.3. Orang
yang berilmu dapat memimpin, orang yang tidak berilmu selalu dipimpin
6.4. Orang
berilmu cenderung bijak, orang yang tidak berilmu, selalu kaku
6.5. Orang
berilmu (pada umumnya) toleransinya tinggi, orang yang tidak berilmu fanatik
buta
6.6. Orang
berilmu mengandalkan “otak”(ilmu pengetahuan), orang yang tidak berilmu
mengandalkan “otot” (tenaga)
6.7. Orang
berilmu sedikit bekerja, hasilnya banyak, orang yang tidak berilmu, banyak
bekerja hasilnya sedikit
6.8. Orang
berilmu bertindak penuh pertimbangan, orang yang tidak berilmu, bertindak
sembarangan
6.9. Orang
berilmu berfikir kalkulatif, orang yang tidak berilmu malas berfikir
6.10. Orang
berilmu jiwanya cenderung tenang, orang yang tidak berilmu, jiwanya cenderung
resah
6.11. Orang
yang berilmu mudah memperoleh kekayaan, orang yang tidak berilmu, kebanyakan
miskin
6.12. Orang
yang berilmu Pergaulannya luas, Orang yang tidak berilmu pergaulannya terbatas
6.13. Orang
berilmu cenderung sosialis, orang yang tidak berilmu cenderung individualis
6.14. Orang
yang berilmu, peduli dan empati kepada orang lain, orang yang tidak berilmu
hanya mementingkan diri sendiri
6.15. Orang
berilmu punya prinsip &teguh pendirian, orang yang tidak berilmu, tidak
punya prinsip &selalu ikut-ikutan
6.16. Orang
berilmu Cenderung bertindak rasional, orang yang tidak berilmu, bertindak
emosional
6.17. Orang
berilmu, Cenderung sopan-santun, orang yang tidak berilmu, cenderung tak tahu
tata-krama
6.18. Orang
berilmu Cenderung perasaannya halus, orang yang tidak berilmu, cenderung
perasaannya kasar
6.19. Orang
berilmu (disertai akhlak mulia) pasti dihormati orang, orang yang tidak
berilmu, cenderung dihina orang
6.20. Orang
berilmu Cenderung pemaaf, orang yang tidak berilmu cenderung pendendam
6.21. Orang
berilmu, dapat menyelesaikan masalah, orang yang tidak berilmu, sering menemui
jalan buntu
6.22. Orang
berilmu memperoleh banyak pilihan, orang yang tidak berilmu, pilihannya
sangat terbatas
6.23. Orang
yang berilmu Cenderung tabah, orang yang tidak berilmu cepat putus asa
6.24. Orang
berilmu pendangannya jauh ke depan, orang yang tidak berilmu, hanya melihat apa
yang di depan
6.25. Orang
berilmu dapat mengetahui makna di balik yang tampak, orang yang tidak berilmu
terbatas apa yang tampak di mata dan dapat diraba
6.26. Orang
yang berilmu cenderung kritis dan dinamis, orang yang tidak berilmu, cenderung
statis dan fatalis
6.27. Orang
berilmu mengendalikan &menggunakan harta, orang tidak berilmu “diberbudak
harta”
6.28. Bagi
orang berilmu, harta hanya sebatas alat dan sarana, bagi orang yang tidak
berilmu, harta adalah “segala-galanya”.
6.29. Orang
berilmu besar kemungkinan bahagia, orang yang tidak berilmu besar kemungkinan
sengsara
6.30. Orang
berilmu mengikuti berdasarkan keyakinan, orang yang tidak berilmu cenderung
taklid buta.
C.
Adab Murid Terhadap Guru
1. Menyadari bahwa guru itu pembawa amanat Allah untuk muridnya,
sehingga wajib percaya dan berbaik sangka.
2. Menginsafi bahwa ilmu yang diajarkan guru adalah janji Allah
untuk meninggikan derajat manusia (QS. 58:11)
3. Menyadari dan mendudukan guru sebagai pelanjut Rasul saw. Dalam
kapasitasnya mengeluarkan kebodohan kepada ilmu pengetahuan, sehingga wajib
memuliakannya.
4. Menyadari bahwa ilmu yang diperoleh dari guru adalah untuk
kemaslahatan dirinya, keluarganya, masyarakatnya, baik di dunia maupun di
akhirat.
5. Murid tidak boleh berjalan mendahului di depan gurunya
6. Murid tidak boleh duduk di tempat duduk gurunya kecuali dengan
izin atau atas perintah gurunya
7. Murid tidak boleh bertanya kepada gurunya dengan bertele-tele,
apalagi sampai menyinggung perasaannya
8. Jika murid bersalah (wajib)segera meminta maaf
9. Murid dituntut untuk selalu mendapatkan ridha gurunya serta
menghindarkan murkanya
10.
Murid wajib melaksanakan perintah
gurunya dan menjauhi larangannya, selama tidak ma’shiyat kepada Allah atau
memba hayakan
diri, dan atau orang lain
D.
Adab Terhadap Tamu
Jika ada tamu berkunjung ke Kampus
Pesantren, maka ;
1.
Menyambut dengan senyum,
menyampaikan salam, lalu bersalaman. (lali-laki
dengan laki, perempuan dengan perempuan)
2.
Menanyakan ; siapa, dari mana, ada
perlu apa, dan hendak bertemu siapa, lalu menawarkan diri “ apa yang bisa saya
bantu?”
3.
Menjawab pertanyaan dengan sopan,
dan memberikan penjelasan yang diperlukan sesuai dengan kapasitas dirinya.
4.
Menunjukkan dan menghantarkannya
sesuai dengan keperluan tamu.
5.
Memberikan bantuan sesuai dengan
kemampuan, seperti membawakan koper, atau tas, atau bawaan lainnya.
6.
Jika tamunya “terhormat” maka
segera menyampaikannya kepada pimpinan, dan jika tamunya berlaku “mencurigakan”
segera melaporkannya kepada kemanan.
E.
Adab-adab Pergaulan di
Kampus
1.
Memahami dan mengamalkan delapan
jalur hubungan;
1.1. Beribadah kepada Allah
1.2. Ta’at kepada Rasulullah saw
1.3. Berbakti kepada ibu-bapak
1.4. Memuliakan guru
1.5. Menghormati yang lebih tua
1.6. Menghargai sesama
1.7. Menyayangi yang lebih muda
1.8. Memelihara dan menjaga lingkungan hidup
2.
Haram; menghina (merendahkan orang
lain), mencela (menyata kan cacat/aib orang lain di hadapannya), Mencaci
(memberi sebutan buruk kepada orang lain), bergunjing (memberitakan keburukan orang
lain)
3. Haram khalwat (berdua-duaan tersembunyi)
4. Haram zhalim yakni menempatkan/membiarkan sesuatu bukan
pada tempatnya, seperti sampah bukan pada tempatnya.
5.
Wajib menjaga dan memelihara
kebersihan diri, pakaian dan lingkungan.
F.
Pola sikap beragama
1.Satu dalam
‘Aqiedah, yakni, selama syahadatainnya sama, hal-hal yang “ma’lum
min al-diini bi al-dharury“, hal-hal pokok dalam ‘aqiedah Islamnya sama,
maka itu adalah saudara yang haram darah, kehormatan dan hartanya.
2.Berjamaah dalam ‘Ibadah, pengamalan ibadah mahdhah
terutama shalat, dilaksanakan dengan berjamaah, kesetaraan dan kebersamaan
pangkal sukses kejamaahan.
3.Toleransi dalam Khilafiyah, Perbedaaan pemahaman
bahkan pengamalan ajaran agama yang bersifat
furu’ (cabang) yakni bukan yang pokok secara qath’iy
(pasti) maka ditempuh dengan saling menghormati dan menghargai. Dalam
sosialisasi ajaran agama yang fiqhiyah, jika ada khilafiyah (perbedaan
pendapat para ahli), maka ditempuh dengan menguraikan pendapat-pendapat
tersebut lengkap dengan dalil dan argumentasinya, jika ada kecenderungan
pilihan, maka disampaikan pula alasan dan pertimbangannya, tanpa menyalahkan
pendapat lainnya, dalam prinsip berfikir “wa Allahu a’lamu bi al-Shawab”
(hanya Allah yang paling tahu dengan yang tepat)
Perlu
ditegaskan bahwa Pesantren Terpadu Darul ‘Amal, dan Pesantren Terpadu
Al-Ma’shum Mardiyah, secara kelembagaan tidak berafiliasi dengan organisasi
keagamaan baik politis maupun kemasyarakatan mana pun. Eksistensi dan peran
budayanya mengakui keberagaman dalam kedamaian, dengan tetap focus kepada
garapan Sosial Pendidikan dan Da’wah.
Adapun
tatalaksana amaliyah ‘ibadah mahdhah merujuk kepada al-Quran, al-Sunnah
yang saheh, menolak praktek bid’ah yang dhalalah, sementara dalam
‘ibadah yang ghair mahdhah menitik beratkan azas mashlahat dan manfaat.
O.Susunan Organisasi
1.Pengurus
OSIMA Putra
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Tanda Tangan
|
|
1.
|
Acep
Koswara
|
Ketua
|
1.
|
2.
|
2.
|
M.
Rizki Maulana Y
|
Sekertaris
|
||
3.
|
Ilman
Syakir Saputra
|
Bendahara
|
3.
|
4.
|
4.
|
Andriana
Rustaman Z
|
Koor. Kedisiplinan
|
||
5.
|
Apap
Lubis
|
Koor.
Pendidikan
|
5.
|
6.
|
6.
|
Syammas
Pinastika
|
Bag.Pendidikan
|
||
7.
|
M.
Muhsin Maulana
|
Koor.
Ta’mir Masjid
|
7.
|
8.
|
8.
|
M.
Fachriansyah
|
Bag.
Ta’mir Masjid
|
||
9.
|
M.
Zubeir Arhesta
|
Koor.
Bahasa
|
9.
|
10.
|
10.
|
Najib
Sulistio
|
Bag. Bahasa
|
||
11.
|
Firdy
Firdaus P
|
Koor.
K3
|
11.
|
12.
|
12.
|
Diki
Kurniawan
|
Bag. K3
|
||
13
|
Fahmi
Hikmah F
|
Koor.
Olahraga
|
13.
|
14.
|
14.
|
Robi
Kris Susanto
|
Bag.
Olahraga
|
||
15.
|
Hifni
Fahrevi
|
Koor.
Pramuka
|
15.
|
16.
|
16.
|
M.
Khairul Afif
|
Bag.
Pramuka
|
2.Pengurus OSIMA Putri
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Tanda Tangan
|
|
1.
|
Shintia Dyah Purwita
|
Ketua
|
1.
|
2.
|
2.
|
Fathiyyah Nur Rachman
|
Sekertaris
|
||
3.
|
Tengku Hana Hanifah
|
Bendahara
|
3.
|
4.
|
4.
|
Siti Aisyah
|
Koor. Kedisiplinan
|
||
5.
|
Nur Annisa Pardisa
|
Bag. Kedisiplinan
|
5.
|
6.
|
6.
|
Sonia Mustika Rahayu
|
Bag. Kedisiplinan
|
||
7.
|
Dian Afriliani
|
Koor. Pendidikan
|
7.
|
8.
|
8.
|
Widiya A. Yanti
|
Bag. Pendidikan
|
||
9.
|
Nurjannah Paojiah
|
Koor. Ta’mir Masjid
|
9.
|
10.
|
10.
|
Ummu Khairana
|
Bag. Ta’mir Masjid
|
||
11.
|
Victy Felistiani M
|
Koor. Bahasa
|
11.
|
12.
|
12.
|
Nisrina Habibah R
|
Bag. Bahasa
|
||
13.
|
Siti Maulida
|
Bag. Bahasa
|
13.
|
14.
|
14.
|
Chairun Nisa
|
Koor. K3
|
||
15.
|
Maulidina Rahmawati
|
Bag. K3
|
15.
|
16.
|
16.
|
Ratu Anggiea
|
Bag. K3
|
||
17.
|
Venska Denisha A
|
Koor. Olahraga
|
17.
|
18.
|
18.
|
Rizsa Chasanah P
|
Bag. Olahraga
|
||
19.
|
Ummu
Khairani
|
Bag. Olahraga
|
19.
|
20.
|
20.
|
Ai Syifa
|
Koor. Keputrian
|
||
21.
|
Ethykawati Koswara
|
Bag. Keputrian
|
21.
|
22.
|
22.
|
Nazlah
|
Koor. Pramuka
|
||
23.
|
Masdini Hanifah Hafni
|
Bag. Pramuka
|
23.
|
|
P. Guru-Guru SMP-T
dan SMA-T Al-Ma’shum Mardiyah
No.
|
Nama
Guru
|
Tanda Tangan
|
|
1
|
H. Sri Widodo, S.Ag.
|
1
|
2
|
2
|
H. Udjuh Djuhandi, S.Sos.
|
||
3
|
H. Dede Muharamsyah, S.Psi.
|
3
|
4
|
4
|
H. Muhtadin, S. Sos.I
|
||
5
|
Endi Rustandi, S.Pd.
|
5
|
6
|
6
|
Andi Abdul Kadir, S.Pd
|
||
7
|
Anggraeni Putri Muyawati, S.Si.
|
7
|
8
|
8
|
Aqillatul Muallamah
|
||
9
|
Dadang Aliyudin, S.S
|
9
|
10
|
10
|
Deni Mulyadi, S.Pd.I
|
||
11
|
Deny Sopyan Putra, SE
|
11
|
12
|
12
|
Drs. H. Dharsono Sumardjo
|
||
13
|
Ela Nurlaela S,Pd.
|
13
|
14
|
14
|
Enang Hidayat,M.Ag
|
||
15
|
Endi Rustandi, S.Pd
|
15
|
16
|
16
|
Fauziah, S.Pd
|
||
17
|
Fendi Supratman, S. Pd
|
17
|
18
|
18
|
H. Sri Widodo, S. Ag.
|
||
19
|
H. Taufiq Hidayatullah
|
19
|
20
|
20
|
Ismatulloh Zaky,S.Pd.I
|
||
21
|
Leny Liberti Gill, S.Pd
|
21
|
22
|
22
|
Lukman Hakim, S.Pd.
|
||
23
|
Maria Puspa Sari S.Pd.
|
23
|
24
|
24
|
Nana Mulyana, S.Pd
|
||
25
|
Nurul Hidayati, S. Pd I
|
25
|
26
|
26
|
Opan Sopandi, S.Pd.
|
||
27
|
Ratih Lelah Inayatillah, S.Psi
|
27
|
28
|
28
|
Rudi Permana, S.S
|
||
29
|
Ruslan Gunawan
|
29
|
30
|
30
|
Rony Gilang R, S.Pd
|
||
31
|
Santi Mulyani, S.Pd
|
31
|
32
|
32
|
Sari suci Wulandari, S.Pd.
|
||
33
|
Teten Rustandi, S.Ag
|
33
|
34
|
34
|
Yadi Awaludin S,S.Kom
|
||
35
|
Dendi Ramdani, ST
|
35
|
36
|
36
|
|||
37
|
37
|
38
|
|
38
|
|||
39
|
39
|
40
|
|
40
|
|||
41
|
41
|
42
|
|
42
|
|||
43
|
43
|
44
|
|
44
|
|||
45
|
45
|
46
|
|
46
|
Q. Petugas TU dan
Asrama
No.
|
Nama
Guru
|
Tanda Tangan
|
|
1
|
Rahadianto, S.H.
|
1
|
2
|
2
|
Dra. Ellyda
|
||
3
|
Lidayati
Mardiyah, S.E
|
3
|
4
|
4
|
Bedi Sukwan
|
||
5
|
Herdi
Kurniawan
|
5
|
6
|
6
|
Yuyu
Yuningsih, S.ST
|
||
7
|
Andi Nazarudin
Islami, S.Pd.I
|
7
|
8
|
8
|
Dedah Risliani
|
||
9
|
Agus Fauzi
|
9
|
10
|
10
|
Uus Kusnadi
|
||
11
|
Asep Nurjana
|
11
|
|
R. SUSUNAN
PANITIA MATAST 2012-2013
Penanggung
Jawab : Acep koswara
Ketua
Panitia : M. Rizki Maulana Yusuf
Sekertaris
: Nazlah
Bendahara
: Tengku Hana Hanifah
Seksi-Seksi
ACARA : Ilman Syakir S KEAMANAN : M. Muhsin M
M.Khairul Afif Kakung Tuhu
Fathiyya Nur Rachman
Siti Aisyah
Victy Felistiani Widiya A. Yanti
Ummu Khairana
DEK-DOC : Najib Sulistio TIM KREATIF :
Apap Lubis
Fahmi Hikmah Faishal
Syammas Pinastika
Chairun Nisa Firdy Firdaus Putra
Masdini Hanifah Nisrina Habibah
Ai Syifa Venska Denisha
Ummu Khairani Nurjannah Paojiah
Siti Maulida Nur Annisa Pardisa
Rizsa Chasanah
CLASS
LEADER : Andriana Rustaman Zaini PERALATAN :
Robi Kris Susanto
M. Zubeir Arhestha Hifni Fahrevi
Shintia Dyah Purwita M. Fachriansyah
Dian Afriliani
KESEHATAN : Sonia Mustika KONSUMSI :
Diki Kurniawan Maulidina R
Ratu Anggiea Ethykawati Koswara
No comments:
Post a Comment