Thursday, 2 August 2012

ulumul quran



Ulumul qur’an — Presentation Transcript

  • 1. علوم القرآنOleh :Dr. KH. AsepHabibAlwi, MA
  • 2. DefinisiUlumul Qur’anSecarabahasaBerasaldaribahasaarab, kataUlummerupakanbentukjamakdariilmu,ilmuygdimaksukadalahsejumlahmateripembahasan yang dibatasikesatuantemadantujuan.AdapunAl Qur’anadalahkalam Allah yang diturunkankepadaNbi Muhammad SAW. Ilmuygmencakuppembahasanygberkaitandengan Al Qur’an darisisiinformasitentangasbabannuzul, kodifikasi, dantertibpenulisan Al Qur’an ayat-ayatygditurunkandiMekkah (Makkiyah) ayat-ayatygditurunkandiMadinah (Madaniyyah), dllygberkaitandengan Al Qur’an. Menurutistilah
  • 3. RuangLingkupUlumul Qur’an 1. turunnya Al Qur’an 2. Sanad3. Qira’atPersoalan4. Kata-kata Al Qur’an 5. Makna-makna Al Qur’an yangberkaitandenganhukum6. Makna Al Qur’an yang berpautandengankata-kata Al Qur’an
  • 4. 1. Adabtilawat Al Qur’an2. tajwidCabang-cabangUlumul Qur’an3.Mawatin An Nuzul4. Tawarikh An Nuzul5. Asbab An Nuzul6. Qira’at7. Gharib Al Qur’an8. I’rab Al Qur’anIlmu9. Wujuhwa an-nazhah’ir10.Amtsal Al Qur’an11. Nasikhwa Al Mansukh12. Badai’u Al Qur’an 13. I’jaz Al Qur’an14. Tanasub Al Qur’an 15. Aqsam Al Qur’an16. Ma’rifat Al Muhkamwa Al Mutasyabih
  • 5. Sejarahturunnya Al Qur’an & PenulisannyaPengertian Al Qur’an Berasaldarilafalقرآن samadenganقراءة yang berartimenghimpundanmemadukansebagianhuruf-hurufdankata-katadengansebagianlainnya. SecarabahasaMenurutistilahKalam yang bersifatmukjizat, yang diturunkankepadaNabi Muhammad SAW, yangditulisdalammushaf, yang dinukilkansecaramutawatirdanmembacanyamerupakanibadah
  • 6. HIKMAH DITURUNKANNYA AL QUR’AN SECARA BERANGSUR-ANGSUR1. MeneguhkandanmenguatkanjiwaNabi Muhammad SAW2. Membimbingdanmembinaumatdalammelaksanakansyari’atislam3. Kesesuaiandenganperistiwa-peristiwadanpentahapandalampenetapanhukum4. Buktinyatabahwa Al Qur’an diturunkandari Allah SWT.5. Sebagaijawabanterhadapmasalahataukasusygmunculpadamasyarakatwaktuitu
  • 7. Penulisan Al Qur’an PadaMasaNabiPadamasaNabi, Al Qur’an belumditulisdandibukukandalamsatuMushafdisebabkanbeberapahalsbb : 1. Tidakadanyafaktorpendoronguntukmembukukan Al Qur’an dalamsatumushaf, sebagaimanapadamasa Abu BakardanUsman bin Affan.2. Olehkarena Al Qur’an diturunkansecaraberangsur-angsurmulaiNabi SAW diangkatmenjadiRasulsampaimenjelangakhirwafat, makasuatuhalyglogisbila Al Qur’an barubisadibukukandaamsatumushafsetelahbeliauwafat3. Selamaprosesturunnya Al Qur’an masihterdapatkemungkinanadanyaayat-ayatygmansukhdanadanyaurutanayatsertasuratygbelumsesuaimenuruttertibturunnyawahyu. 1. Ali IbnuAbiThalibAdapunparapenuliswahyuygdiangkatolehRasulullahpadamasaNyaadalah2. Mu’awiyah3. Ubay bin Ka’ab4. Zaid bin Tsabit
  • 8. Pengumpulan Al Qur’an PadaMasaKhulafa’urRasyidin1. Padamasa Abu Bakara. Tidakadanyafaktorpendoronguntukmembukukan Al Qur’an dalamsatumushaf, sebagaimanapadamasa Abu BakardanUsman bin Affan.b. Olehkarena Al Qur’an diturunkansecaraberangsur-angsurmulaiNabi SAW diangkatmenjadiRasulsampaimenjelangakhirwafat, makasuatuhalyglogisbila Al Qur’an barubisadibukukandaamsatumushafsetelahbeliauwafatc. Selamaprosesturunnya Al Qur’an masihterdapatkemungkinanadanyaayat-ayatygmansukhdanadanyaurutanayatsertasuratygbelumsesuaimenuruttertibturunnyawahyu.
  • 9. Pengumpulan Al Qur’an PadaMasaKhulafa’urRasyidin2. PadamasaUsman bin AffanCiri-ciri Al Qur’an ygditulispadamasaKhalifahUsman bin Affana. Ayat-ayatygditulisberdasarkanriwayatygmutawatirberasaldariNabi SAW. b. Tidakterdapatdidalamnyaayat-ayat Al Qur’an yang telahmansukhataudinasakhbacaannyac. surat-suratmaupunayat-ayattelahdisusundengantertibsebagaimana Al Qur’an ygberadaditangankaummusliminsekarangini. d. Tidakterdapatdidalamnyaygtidaktergolongkepada Al Qur’an, sepertiapaygditulisolehsebagiansahabatNabidalammushafnya, senagaipenjelasanatauketeranganterhadapmaknaayat-ayattertentue. Mushaf-mushafygditulismencakuptujuhhurufdimana Al Qur’an diturunkandengannya
  • 10. BagaimanaProses?PenyempurnaanPemeliharaanAl Qur’anSetelahMasaKhalifahMengapapenulisan Al Qur’anharusdisempurnakanSebab : 1. MushafygditulisatasperintahKhalifahUsmantidakmemilikiharakatdantandatitiksehinggadapatdibacadengansalahsatuqira’atygtujuh2. Banyakorang non Arab ygmemeluk Islam, merekamerasakesulitanmembacamushafitu. 3. Al Qur’an diturunkansebagaipedomanhidupuntukseluruhmanusiabukanhanyaorang Arab. akhirnyapadamasaKhalifahAbd Al MalikdiletakkanlahtandatitikpadaMushafUsmaniolehAbu Al Aswad Ad-Du’ali, Yahya bin Ya’mar (45 – 125 H), danNashr bin ‘Ashim Al-Laits(w. 89 H), dankemudiandiletakkanhamzah, tasydid, Ar-Raum, dan Al IsymamolehAl Khalid bin Ahmad Al Farahidi Al-Azdi
  • 11. Rasm Al Qur’an1. DefinisiRasm Al Qur’an (RasmUsmani) Adalahtatacaramenuliskan Al Qur’an ygditetapkanpadamasaKhalifahUsman bin Affan. MushafUsmanditulisdengankaidah-kaidahsbb :a. Al Hadzfb. Al Ziyadahc. Al Hamzahd. Badale. WashaldanFashlf. Kata yang dapatdibacaduabunyi
  • 12. 2. PendapatparaUlamatentangRasm Al Qur’ana. RasmUsmanibersifatTauqifi, yaknibukanprodukbudayamanusiaygwajibdiikutiolehsiapasajaketikamenulis Al Qur’an. b. RasmUsmanibersifatbukanTauqifi, tetapimerupakankesepakatancarapenulisanygdisetujuiUsmandanditerimaumatsehinggawajibdiikutiolehsiapasajaketikamenulis Al Qur’an. c. RasmUsmanibersifatbukanTauqifi. Tidakadahalanganuntukmenyalahinyatatkalasuatugenerasisepakatmenggunakancaratertentuuntukmenulis Al Qur’an ygberlainandenganRasmUsmani. 3. Kaitan Al Qur’an denganqira’at(caramembaca Al Qur’an)DisebabkankeberadaanMushafUsmani yang tidakberharakatdanbertitikmakahalitumembukapeluanguntukmembacanyadenganberbagaiqira’atsepertiqira’ahtujuh (sab’ah), qira’ahsepuluh, danqira’ahempatbelas.
  • 13. ASBAB AN-NUZULPengertiandanmacam-macamAsbab An-NuzulSecarabahasa “Asbab An-Nuzul” berartiturunnyaayat-ayat Al Qur’anMenurutistilahadalahsesuatu yang dengansebabnyaturunsuatuayatataubeberapaayat yang mengandungsebabituakanmemberijawabanterhadapsebabituataumenerangkanhukumnyapadamasaterjadinyasebabtersebut. - Sebab - sebabturunayatdalambentukperistiwa :1. Peristiwaberupapertengkaran2. Peristiwaberupacita-citadankeinginan- Sebab - sebabturunayatdalambentukpertanyaan :1. Pertanyaan yang berhubungandengansesuatu yang telahlalu2. Pertanyaan yang berhubungandengansesuatu yang sedangberlangsungpadawaktuitu3. Pertanyaan yang berhubungandenganmasa yang akandatang
  • 14. Macam-macamAsbab An-NuzulDari segijumlahsebabdanayat yang turun, asbabun-Nuzuldibagimenjadi 2 yaitu : 1. Ta’addud Al Asbabwa An-Nazil Wahid (sebab-sebabturunnyalebihdarisatudaninipersoalan yang terkandungdalamayatatausekelompokayat yang turunsatu) 2. Ta’addud An-Nazilwa Al Asbab Wahid (persoalan yang terkandungdalamayatatausekelompokayat yang turunlebihdarisatusedangsebabturunnyasatu)
  • 15. Jikaditemukanduariwayatataulebihtentangsebabturunnyaayatdanmasing-masingmenyebutkansebab yang berbeda, makapermasalahannyaada 4 macam: 1. Salahsatudarikeduanyashahihdanlainnyatidak; Penyelesaiannyadenganjalanmemilikiriwayat yang shahihdanmenolak yang tidakshahih2. Keduanyashahihakantetapisalahsatunyamempunyaipenguat (murajjih) danlainnyatidak;Penyelesaiannyadenganjalanmengambil yang kuatrajihannya3. Keduanyashahihdankeduanyasama-samatidakmempunyaipenguatakantetapi, keduanyadapatdiambilsekaligus. Penyelesaiannyadenganmenganggapterjadinyabeberapasebabbagiturunnyaayattersebut4. Keduanyashahih, tidakmempunyaipenguatdantidakmengambilkeduanyasekaliguskarenawaktuperistiwanyajauhberbeda. Penyelesaiannyadenganmenganggapberulang-ulangayatituturunsebanyakasbab an-nuzul.
  • 16. Ungkapan-ungkapanAsbab An-Nuzul1. Sabab An-Nuzulditurunkandenganungkapan yang jelas2. Sabab An-Nuzultidakditunjukkandenganlafalsababtetapidenganmendatangkanlafalف3. Sabab An-Nuzuldipahamisecarapastidarikonteksnya4. Sabab An-Nuzultidakdisebutkandenganungkapansebabsecarajelas
  • 17. UrgensidanKegunaanAsbab An-Nuzul1. MemberikanPengetahuantentangrahasiadantujuan Allah mensyari’atkan agama-Nyamelalui Al Qur’an2. Membantudalammemahamiayatdanmenghindarkankesulitannya3. DapatmenolakdugaanadanyaHasrdalamayat yang menurutlainnyamengandungHasr4. Dapatmentakhsishukumpadasebabmenurutulama yang memandangbahwa yang mestidiperhatikankekhususansebabdanbukankeumumanlafadz.5. Mempermudahuntukmenghafalayat-ayat Al Qur’an sertamemperkuatkeberadaanwahyudaningatanorang yang mendengarnyajikamengetahuisebabturunnya.
  • 18. MUNASABAH AL-QUR’ANA. PengertianMunasabahSecaraetimologi “Munasabah” berarti al-musyakalahdan al-muqarabah. Menurutterminologiadalahsesuatu yang menjelaskankorelasimaknaantarayatatauantarsurat. B. Macam-macamMunasabah1. Munasabahantarasuratdengansuratsebelumnya2. Munasabahantaranamasuratdantujuanturunnya3. Munasabahantarabagiansuatuayat4. Munasabahantaraayat yang letaknyaberdampingan5. Munasabahantarasuatukelompokayatdengankelompokayatdisampingnya6. Munasabahantarafashilahdanisiayat7. Munasabahantaraawalsuratdenganakhirsurat yang sama8. Munasabahantarapenutupsuatusuratdenganawalsuratberikutnya
  • 19. ApaUrgensidanKegunaan?MempelajariMunasabah1. Untukmemahamimaknaayat yang satudenganayat yang lain dalamisikandungannyamasing-masing2. MempermudahparaMufassirdalammemahamiayat-ayatdalam Al Qur’an sertamemberikanpenjelasanterhadapayat-ayat Al Qur’an 3. Untukmembantahsebagiananggapanorangbahwatema-tema Al Qur’an tidakmemilikirelevansi antarasatubagiandenganbagian yang lainnya
  • 20. MunasabahantarasuratdengansuratsebelumnyaMunasabahantaranamasuratdantujuanturunnyaMunasabahantarabagiansuatuayatMunasabahantaraayat yang letaknyaberdampinganMunasabahantarasuatukelompokayatdengankelompokayatdisampingnyaMunasabahantarafashilahdanisiayatMunasabahantaraawalsuratdenganakhirsurat yang samaMunasabahantarapenutupsuatusuratdenganawalsuratberikutnyaMacam-macamMunasabahTa’kidTafsirI’tiradhTaysdidJelasMacam-macamMunasabahantaraayat yang berdampingantanzirMudharatIstithradTakhallushTidakjelas
  • 21. MAKIYYAH DAN MADANIYYAHA. PengertianMakiyyahadalahayat-ayat yang diturunkansebelumRasulullahhijrahkeMadinahMadaniyyahadalahayat-ayat yang diturunkansesudahRasulullahhijrahkeMadinahB. KlarifikasiAyatdanSurat-surat Al Qur’an1. Dari sudutMasa2. Dari SudutTempatTurunnyaAyat3. Dari SudutMukhattab / orang yang dituju
  • 22. Ciri - ciriayatMakiyyahdanMadaniyyahCiri-ciriayatMakiyyah1. Menyerukepadaketauhidan2. Peringatandanancamandarisyirik3. Seruanuntukberimankepadahariakhirdankebangkitanmanusiadarikubur4. Berisitantanganterhadaporangarabuntukmembuatsebuahsuratseperti Al Qur’an5. Kisah - kisahpendusta yang telahlalu6. Jihad ataumemerangikaummusyrikinCiri-ciriayatMadaniyyah1. Seruan jihad ataumatidijalan Allah 2. Penjelasantentangjaminanhukum-hukumislamsepertiRibadll3. Penjelasanmengenaihukumhadd, sepertizina, mencuridsb4. Membongkaraibkaummunafik5. MembungkamocehanahlikitabdanbangsaYahudi
  • 23. ApaKegunaan?mempelajarinya1. Membantuahlitafsirdalammenafsirkan Al Qur’an 2. Bisamenghayatiuslub-uslub Al Qur’an danmengambilfaedahnyauntukditerapkanpadakaedah-kaedahdakwah3. Mempelajariperjalanansejarahdarisela-selaayat Al Qur’an4. Pengetahuantentangkebenaran yang fundamental misi Al Qur’an diturunkan
  • 24. AL MUHKAM DAN AL MUTASYABIHA. DefinisiAl MuhkamsecaraetimologisberartimelarangdanmenyempurnakansesuatuSecaraterminologisberartikalimat yang memberikanmakna yang jelasdandapatdijangkauolehpemahamanakalAl Mutasyabihsecaraetimologisberartikeraguan, kemiripanataukebingunganSecaraterminologisberartisesuatu yang memberikanmakna yang tidakjelas, tidakdapatberdirisendiridanmembutuhkanketerangan yang lain
  • 25. B. SikapparaUlamaTerhadapAyat-ayatMuhkamatdanMutasyabihat- Sebagianulamaberpendapatbahwaayatmutasyabihtidakdapatdiketahuikecualihanyaoleh Allah Merekamencobamengembalikanayatmutasyabihkepadaayatmuhkam. Sepertifirman Allah SWT:إن الله يغفر الذنوب جميعا- Al Raghib Al Ashfahaniberpendapatbahwaayat-ayatMutasyabihterbagimenjaditihgabagian : 1. ayat-ayat yang tidakdapatdijangkaumaksudnyaolehakalmanusiadanhanya Allah SWT sendiri yang mengetahui2. ayat-ayat yang berkaitandenganhukumataubahasadandapatdiketahuiolehالراسخون فى العلم 3. ayat-ayat yang hanyadiketahuiolehulama-ulamatertentu yang sudahmendalamiIlmuayat (الراسخون فى العلم )
  • 26. FawatihAl SuwarCiri-cirinyaBanyaksurat-suratnya yang dimulaidenganhuruf-hurufmuqothaahdanterdapatpadapembukaansuratMacam-macambentukFawatih Al Suwar1. Bentuk yang terdiridarisatuhuruf2. Bentuk yang terdiridariduahuruf3. Pembukaansurat yang terdiridaritigahuruf4. Pembukaansurat yang terdiridariempathuruf5. Pembukaansurat yang terdiridari lima huruf
  • 27. PendapatparaUlamatentangFawatih Al SuwarPembukaan-pembukaansuratataupotongansuratinitermasukayat-ayatMutasyabihatmaka, memilikiduapendapatparaulamaPendapat yang pertama :Ulamamemahaminyasebagairahasia yang hanyadiketahuioleh Allah SWTPendapat yang kedua :Memandanghuruf-hurufdiawalsurat-suratsebagaihuruf-huruf yang mengandungpengertian yang dapatdipahamiolehmanusia.
  • 28. D. ArtipentingdanUrgensimempelajariAyat Al Muhkamdan Al Mutasyabih1. Mempermudahmenafsirkansuatuayatdanmengambilhukumayat-ayat Al Qur’an 2. Para MufassirdanFuqahadapatmengambilhikmahnyadansekuattenagauntukmendapatkankejelasanmaknanyameskipundengancaramenta’wilkan/ mentarjihkan3. Para Mufasirdalammendalamisuatuayatbukansajadarisegihurufdankalimatsaja, namundapatmemahamisatukalimatdaribayandankeindahanbalaghahnya.4. Para Mufassirdalammenterjemahkanmaknaayat-ayat Al Mutasyabihdapatmenggambarkansecaraabstrakbukansecarafisikdalamhalmenyarikansifat-sifatayat.
  • 29. QIRA’AT AL QUR’ANA. DefinisiQira’atQira’atsecaraetimologisberartibacaanataucaramembacaSecaraterminologisberartipengetahuantentangberagamcaramelafalkankataataukalimat yang terdapatdidalam Al Qur’an yang memilkiaturantersendiri. B. LatarbelakangmunculnyaQira’at1. Perbedaancaramelafalkanayat, perihaltafkhim, tarqiqimalah, idgham, izhar, isyba’, mad, qasar, tasydid, dantakhfif.2. Perbedaandialekmasing-masingdaerah3. KhalifahUtsmanmengirimkan Al Qur’an keberbagaidaerah
  • 30. Qira’ah yang termasyhuradalahQira’ahSab’ahDisebutQira’ahsab’ahkarenadisandarkankepada imam qira’at yang tujuhMerekaituadalah :1. NafiIbnuNu’aim (70-169 H)2. Abdullah IbnuKatsir Al Makki (45-120 H)3. Abu AmrIbnu Al-Ala (48-154 H) 4. Abdullah Ibnu Amir (21-118 H)5. Asim Al-Asad W. 127 H6. Hamzah Al-Kufi7. Al Kisai Al-Farisi
  • 31. C. UrgensiMempelajariQira’atdanPengaruhnyaDalamIstinbat (PenetapanHukum) 1. Menguatkanketentuanhukum2. Menarjihhukum yang diperselisihkanparaulama3. Menggabungkanduaketentuanhukum yang berbeda4. Menunjukkanduaketentuanhukum yang berbedadalamkondisi yang berbeda pula 5. Dapatmemberikanpenjelasanterhadapsuatukatadidalam Al Qur’an yang mungkinsulitdipahamimaknanya.
  • 32. MUKJIZAT AL-QUR’ANDefinisiMukjizatMu’jizatsecarabahasaberartimelemahkanataumenjadikantidakmampuMenurutistilahberartiperistiwaluarbiasa yang terjadimelaluiseorang yang mengakuNabi. Unsur-unsur yang terdapatpadaMukjizat1. Hal atauperistiwa yang luarbiasa2. Terjadiataudipaparkanolehseorang yang mengakuNabi3. Mengandungtantanganterhadap yang meragukankenabian4. Tidakada yang mampumenandingiMukjizat
  • 33. Segi-segikemukjizatan Al Qur’an 1. Gaya bahasa2. Susunankalimat3. Hukum Allah yang sempurnaAl Qur’an menggunakan 2 caradalammenetapkanhukum :a. Secara globalb. Secaraterperinci
  • 34. 4. KetelitianredaksinyaKetelitianredaksi Al Qur’an bergantungpadahalberikut :a. Keseimbanganantarajumlahbilangankatadenganantonimnyab. Keseimbanganjumlahbilangankatadengansinonimnyamakna yang dikandungnyac. Keseimbanganantarajumlahbilangankatadenganjumlahbilangankata yang menunjukkanakibatnyad. Keseimbanganantarajumlahbilangankatadengankatapenyebabnyae. Keseimbangankhusus
  • 35. 5. Beritatentanghal-hal yang gaib6. Isyarat-isyaratilmiaha. Cahayamatahatibersumberdaridirinyadancahayabulanmerupakanpantulanb. Kandunganoksigenpadaketinggiandapatmenyesakkannafasc. Perbedaansidikjarimanusiad. Aroma/ baumanusiaberbeda-bedae. Masapenyusuan yang tepatdanmasakehamilan minimalf. Adanyanurani (superego) danbawahsadarmanusiag. Yang merasakannyeriadalahkulit
  • 36. PendapatUlamatentangsegi-segikemukjizatan Al Qur’an 1. Kemukjizatan Al Qur’an hanyapadasusunanlafaz-lafaznyasaja. ( Al Jurjani, Al Jahidz, danAbdQahir Al Jurjani )2. Kemukjizatan Al Qur’an hanyapadakeilmiahannyasaja. ( Muh. Ismail Ibrahim, AzZamarkhasaridanFahnurRazi )3. Kemukjizatan Al Qur’an karenauslubnya lain dari yang lain, susunannyaindah, adanyaberitakejadian yang akanterjadi. ( Imam Qurtubi ) 4. Kemukjizatan Al Qur’an adapadakeindahanbahasadanuslub-uslubnya, berisibeberapailmupengetahuan, memenuhisemuahajatmanusia, adanyaberitagaibdll.( AzZarqani )
  • 37. TAFSIR, TAKWIL, DAN TERJEMAHDefinisiTafsir, Takwil, danTerjemahKataTafsirdiambildarikataفَسَّرَ - يُفَسِّرُ - تَفْسِيْرًا yang berartiketeranganatauuraianMenurutistilahberartiilmumengenaibagaimanacarapengucapanlafazh-lafazh Al Qur’an sertacaramengungkapkanpetunjukkandungan-kandunganhukum, danmakna-makna yang terkandungdidalamnya. KataTakwildiambildarikataأَوَّلَ – يُأَوِّلُ – تَأْوِيْلاًyang berartimenerangkanataumenjelaskanMenurutistilahberartimengembalikansesuatukepadaGhayahnya, yaknimenerangkanapa yang dimaksud.
  • 38. ArtiTerjemahadalahsalinandaribahasakebahasa lain ataumemindahkankalimatdarisuatubahasakebahasa lain. Penerjemahanterbagimenjadi 3 corak
  • 40. KLASIFIKASI TAFSIRTafsir bi Al Ma’tsurTafsir bi Al Ra’yiTafsir bi Al Ma’tsuradalahpenafsiranAl,Qur’an yang mendasarkanpadapenjelasan Al Qur’an, Rasul, pasaSahabatmelaluiijtihadnyadanaqwaltabi’in.
  • 41. Sumberpenafsiran bi al ma’tsur1. Al Qur’an 2. OtoritashaditsNabi3. Otoritaspenjelasansahabat4. Otoritaspenjelasantabi’in
  • 42. Periodepertumbuhantafsir bi Al Ma’tsura. Periode I, masaNabi, sahabatdanpermulaanmasatabi’in. b. Periode II, masapemerintahanUmar bin Abd Azizc. Periode III, masadimulainyapenyusunankitabtafsir al ma’tsur
  • 43. 1. Menekankanpentingnyabahasadalammemahami Al Qur’anKeistimewaantafsir bi al ma’tsur2. Memaparkanketelitianredaksiayatketikamenyampaikanpesan-pesannya3. Membatasiparamufasir agar tidakterjerumusdalamsubyektifitas yang berlebihana. Terjadiwadhdalamtafsirb. Masuknyaunsurisrailiyyatc. PenghilangansanadKelemahantafsir bi al ma’tsurd. Para mufasirmudahterjerumuskedalamuraiankebahasaandankesastraan yang bertele-telesehinggapesanpokok Al Qur’an menjaditidakjelase. Seringkalikonteksturunnyaayatatausisikronologisturunnyaayat-ayathukum yang dipahamidariuraian (nasikh-mansukh)
  • 44. Tafsir bi Al Ra’yiadalahpenafsiranAl,Qur’an yang mendasarkanpadaijtihaddanpemikiranmufasir yang telahmengetahuibahasaarabdanmetodenya, dalilhukum yang ditunjukkansertaproblemapenafsiran.Sepertiasbab an-nuzul, nasikh-mansukhSebabmunculnyatafsir bi Al-Ra’yiAdanyainteraksiumatislamdenganperadabanyunani yang banyakmenggunakanakal
  • 45. ?ApapendapatUlamaTentangKeabsahanTafsir bi Al-Ra’yiMengenaikeabsahantafsir bi Al-Ra’yiparaulamaberbedapendapatdanmenjadiduakelompokKelompok yang melarangKelompok yang mengizinkan
  • 46. Argumentasikelompok yang mengizinkan1. Menafsirkan Al Qur’an berdasarkanra’yiberartimembicaraknfirman Allah tanpapengetahuan2. Yang berhakmenjelaskan Al Qur’an hanyalah Allah 3. Rasulullah SAW. Bersabda : “siapasajamenafsirkan Al Qur’an atasdasarpikirannyasemata, atauatasasarsesuatuyanhgbelumdiketahuinya, makabersiap-siaplahmengambiltempatdineraka. 4. Adanyatradisidikalangansahabatdantabi’inuntukberhati-hatiketikaberbicaratentangpenafsiran Al Qur’an.
  • 47. Argumentasikelompok yang mengizinkan1. Di dalamAlQur’anbanyakayat-ayat yang menyerukanuntukmendalamikandungan Al Qur’an 2. Mengapaijtihaddiperbolehkan? Nabitidakmenjelaskansetiapayat Al Qur’an 3. Para sahabatseringberselisihpendapatmengenaipenafsiransuatuayat.4. Rasulullahpernahberdo’auntukIbnuAbbas.Doatersebutberbunyi :اللهم فقه فى الدين وعلمه التأويل“ ya Allah berilahpehaman agama kepadaIbnuAbbasdanajarilahiatakwil ”
  • 48. Coraktafsir bi Al Ra’yiMaqbul/MahmudahMardud/Madzmum
  • 49. Tafsir bi ArRa’yidapatditerimaselamamenghindarihal-halberikut :1. Memaksakandirimengetahuimakna yang dikehendaki Allah padasuatuayattanpamemenuhisyaratuntukitu2. Mencobamenafsirkanayatyanmaknanyhahanyadiketahui Allah (otoritas Allah semata) 3. Menafsirkanayat Al Qur’an dengandisertaihawanafsudansikapistihsan5. MenafsirkanAlQur’andenganmemastikanbahwamakna yang dikehendaki Allah adalahdemikian …. Tanpadidukungdalil.
  • 50. الحمد لله رب العالمين والسلام ....

No comments: