ulumul quran
Ulumul qur’an
— Presentation Transcript
- 1. علوم القرآنOleh
:Dr. KH. AsepHabibAlwi, MA
- 2. DefinisiUlumul
Qur’anSecarabahasaBerasaldaribahasaarab,
kataUlummerupakanbentukjamakdariilmu,ilmuygdimaksukadalahsejumlahmateripembahasan
yang dibatasikesatuantemadantujuan.AdapunAl Qur’anadalahkalam Allah
yang diturunkankepadaNbi Muhammad SAW.
Ilmuygmencakuppembahasanygberkaitandengan Al Qur’an
darisisiinformasitentangasbabannuzul, kodifikasi, dantertibpenulisan Al
Qur’an ayat-ayatygditurunkandiMekkah (Makkiyah)
ayat-ayatygditurunkandiMadinah (Madaniyyah), dllygberkaitandengan Al
Qur’an. Menurutistilah
- 3. RuangLingkupUlumul Qur’an 1.
turunnya Al Qur’an 2. Sanad3. Qira’atPersoalan4. Kata-kata Al Qur’an 5.
Makna-makna Al Qur’an yangberkaitandenganhukum6. Makna Al Qur’an yang
berpautandengankata-kata Al Qur’an
- 4. 1. Adabtilawat Al Qur’an2.
tajwidCabang-cabangUlumul Qur’an3.Mawatin An Nuzul4. Tawarikh An
Nuzul5. Asbab An Nuzul6. Qira’at7. Gharib Al Qur’an8. I’rab Al
Qur’anIlmu9. Wujuhwa an-nazhah’ir10.Amtsal Al Qur’an11. Nasikhwa Al
Mansukh12. Badai’u Al Qur’an 13. I’jaz Al Qur’an14. Tanasub Al Qur’an
15. Aqsam Al Qur’an16. Ma’rifat Al Muhkamwa Al Mutasyabih
- 5.
Sejarahturunnya Al Qur’an & PenulisannyaPengertian Al Qur’an
Berasaldarilafalقرآن samadenganقراءة yang
berartimenghimpundanmemadukansebagianhuruf-hurufdankata-katadengansebagianlainnya.
SecarabahasaMenurutistilahKalam yang bersifatmukjizat, yang
diturunkankepadaNabi Muhammad SAW, yangditulisdalammushaf, yang
dinukilkansecaramutawatirdanmembacanyamerupakanibadah
- 6. HIKMAH
DITURUNKANNYA AL QUR’AN SECARA BERANGSUR-ANGSUR1.
MeneguhkandanmenguatkanjiwaNabi Muhammad SAW2.
Membimbingdanmembinaumatdalammelaksanakansyari’atislam3.
Kesesuaiandenganperistiwa-peristiwadanpentahapandalampenetapanhukum4.
Buktinyatabahwa Al Qur’an diturunkandari Allah SWT.5.
Sebagaijawabanterhadapmasalahataukasusygmunculpadamasyarakatwaktuitu
- 7.
Penulisan Al Qur’an PadaMasaNabiPadamasaNabi, Al Qur’an
belumditulisdandibukukandalamsatuMushafdisebabkanbeberapahalsbb : 1.
Tidakadanyafaktorpendoronguntukmembukukan Al Qur’an dalamsatumushaf,
sebagaimanapadamasa Abu BakardanUsman bin Affan.2. Olehkarena Al Qur’an
diturunkansecaraberangsur-angsurmulaiNabi SAW
diangkatmenjadiRasulsampaimenjelangakhirwafat, makasuatuhalyglogisbila
Al Qur’an barubisadibukukandaamsatumushafsetelahbeliauwafat3.
Selamaprosesturunnya Al Qur’an
masihterdapatkemungkinanadanyaayat-ayatygmansukhdanadanyaurutanayatsertasuratygbelumsesuaimenuruttertibturunnyawahyu.
1. Ali
IbnuAbiThalibAdapunparapenuliswahyuygdiangkatolehRasulullahpadamasaNyaadalah2.
Mu’awiyah3. Ubay bin Ka’ab4. Zaid bin Tsabit
- 8. Pengumpulan Al
Qur’an PadaMasaKhulafa’urRasyidin1. Padamasa Abu Bakara.
Tidakadanyafaktorpendoronguntukmembukukan Al Qur’an dalamsatumushaf,
sebagaimanapadamasa Abu BakardanUsman bin Affan.b. Olehkarena Al Qur’an
diturunkansecaraberangsur-angsurmulaiNabi SAW
diangkatmenjadiRasulsampaimenjelangakhirwafat, makasuatuhalyglogisbila
Al Qur’an barubisadibukukandaamsatumushafsetelahbeliauwafatc.
Selamaprosesturunnya Al Qur’an
masihterdapatkemungkinanadanyaayat-ayatygmansukhdanadanyaurutanayatsertasuratygbelumsesuaimenuruttertibturunnyawahyu.
- 9. Pengumpulan Al Qur’an PadaMasaKhulafa’urRasyidin2.
PadamasaUsman bin AffanCiri-ciri Al Qur’an
ygditulispadamasaKhalifahUsman bin Affana.
Ayat-ayatygditulisberdasarkanriwayatygmutawatirberasaldariNabi SAW. b.
Tidakterdapatdidalamnyaayat-ayat Al Qur’an yang
telahmansukhataudinasakhbacaannyac.
surat-suratmaupunayat-ayattelahdisusundengantertibsebagaimana Al Qur’an
ygberadaditangankaummusliminsekarangini. d.
Tidakterdapatdidalamnyaygtidaktergolongkepada Al Qur’an,
sepertiapaygditulisolehsebagiansahabatNabidalammushafnya,
senagaipenjelasanatauketeranganterhadapmaknaayat-ayattertentue.
Mushaf-mushafygditulismencakuptujuhhurufdimana Al Qur’an
diturunkandengannya
- 10.
BagaimanaProses?PenyempurnaanPemeliharaanAl
Qur’anSetelahMasaKhalifahMengapapenulisan Al
Qur’anharusdisempurnakanSebab : 1.
MushafygditulisatasperintahKhalifahUsmantidakmemilikiharakatdantandatitiksehinggadapatdibacadengansalahsatuqira’atygtujuh2.
Banyakorang non Arab ygmemeluk Islam,
merekamerasakesulitanmembacamushafitu. 3. Al Qur’an
diturunkansebagaipedomanhidupuntukseluruhmanusiabukanhanyaorang Arab.
akhirnyapadamasaKhalifahAbd Al
MalikdiletakkanlahtandatitikpadaMushafUsmaniolehAbu Al Aswad Ad-Du’ali,
Yahya bin Ya’mar (45 – 125 H), danNashr bin ‘Ashim Al-Laits(w. 89 H),
dankemudiandiletakkanhamzah, tasydid, Ar-Raum, dan Al IsymamolehAl
Khalid bin Ahmad Al Farahidi Al-Azdi
- 11. Rasm Al Qur’an1.
DefinisiRasm Al Qur’an (RasmUsmani) Adalahtatacaramenuliskan Al Qur’an
ygditetapkanpadamasaKhalifahUsman bin Affan.
MushafUsmanditulisdengankaidah-kaidahsbb :a. Al Hadzfb. Al Ziyadahc. Al
Hamzahd. Badale. WashaldanFashlf. Kata yang dapatdibacaduabunyi
- 12.
2. PendapatparaUlamatentangRasm Al Qur’ana. RasmUsmanibersifatTauqifi,
yaknibukanprodukbudayamanusiaygwajibdiikutiolehsiapasajaketikamenulis Al
Qur’an. b. RasmUsmanibersifatbukanTauqifi,
tetapimerupakankesepakatancarapenulisanygdisetujuiUsmandanditerimaumatsehinggawajibdiikutiolehsiapasajaketikamenulis
Al Qur’an. c. RasmUsmanibersifatbukanTauqifi.
Tidakadahalanganuntukmenyalahinyatatkalasuatugenerasisepakatmenggunakancaratertentuuntukmenulis
Al Qur’an ygberlainandenganRasmUsmani. 3. Kaitan Al Qur’an
denganqira’at(caramembaca Al Qur’an)DisebabkankeberadaanMushafUsmani
yang
tidakberharakatdanbertitikmakahalitumembukapeluanguntukmembacanyadenganberbagaiqira’atsepertiqira’ahtujuh
(sab’ah), qira’ahsepuluh, danqira’ahempatbelas.
- 13. ASBAB
AN-NUZULPengertiandanmacam-macamAsbab An-NuzulSecarabahasa “Asbab
An-Nuzul” berartiturunnyaayat-ayat Al Qur’anMenurutistilahadalahsesuatu
yang dengansebabnyaturunsuatuayatataubeberapaayat yang
mengandungsebabituakanmemberijawabanterhadapsebabituataumenerangkanhukumnyapadamasaterjadinyasebabtersebut.
- Sebab - sebabturunayatdalambentukperistiwa :1.
Peristiwaberupapertengkaran2. Peristiwaberupacita-citadankeinginan-
Sebab - sebabturunayatdalambentukpertanyaan :1. Pertanyaan yang
berhubungandengansesuatu yang telahlalu2. Pertanyaan yang
berhubungandengansesuatu yang sedangberlangsungpadawaktuitu3. Pertanyaan
yang berhubungandenganmasa yang akandatang
- 14. Macam-macamAsbab
An-NuzulDari segijumlahsebabdanayat yang turun,
asbabun-Nuzuldibagimenjadi 2 yaitu : 1. Ta’addud Al Asbabwa An-Nazil
Wahid (sebab-sebabturunnyalebihdarisatudaninipersoalan yang
terkandungdalamayatatausekelompokayat yang turunsatu) 2. Ta’addud
An-Nazilwa Al Asbab Wahid (persoalan yang
terkandungdalamayatatausekelompokayat yang
turunlebihdarisatusedangsebabturunnyasatu)
- 15.
Jikaditemukanduariwayatataulebihtentangsebabturunnyaayatdanmasing-masingmenyebutkansebab
yang berbeda, makapermasalahannyaada 4 macam: 1.
Salahsatudarikeduanyashahihdanlainnyatidak;
Penyelesaiannyadenganjalanmemilikiriwayat yang shahihdanmenolak yang
tidakshahih2. Keduanyashahihakantetapisalahsatunyamempunyaipenguat
(murajjih) danlainnyatidak;Penyelesaiannyadenganjalanmengambil yang
kuatrajihannya3.
Keduanyashahihdankeduanyasama-samatidakmempunyaipenguatakantetapi,
keduanyadapatdiambilsekaligus.
Penyelesaiannyadenganmenganggapterjadinyabeberapasebabbagiturunnyaayattersebut4.
Keduanyashahih,
tidakmempunyaipenguatdantidakmengambilkeduanyasekaliguskarenawaktuperistiwanyajauhberbeda.
Penyelesaiannyadenganmenganggapberulang-ulangayatituturunsebanyakasbab
an-nuzul.
- 16. Ungkapan-ungkapanAsbab An-Nuzul1. Sabab
An-Nuzulditurunkandenganungkapan yang jelas2. Sabab
An-Nuzultidakditunjukkandenganlafalsababtetapidenganmendatangkanlafalف3.
Sabab An-Nuzuldipahamisecarapastidarikonteksnya4. Sabab
An-Nuzultidakdisebutkandenganungkapansebabsecarajelas
- 17.
UrgensidanKegunaanAsbab An-Nuzul1.
MemberikanPengetahuantentangrahasiadantujuan Allah mensyari’atkan
agama-Nyamelalui Al Qur’an2.
Membantudalammemahamiayatdanmenghindarkankesulitannya3.
DapatmenolakdugaanadanyaHasrdalamayat yang
menurutlainnyamengandungHasr4. Dapatmentakhsishukumpadasebabmenurutulama
yang memandangbahwa yang
mestidiperhatikankekhususansebabdanbukankeumumanlafadz.5.
Mempermudahuntukmenghafalayat-ayat Al Qur’an
sertamemperkuatkeberadaanwahyudaningatanorang yang
mendengarnyajikamengetahuisebabturunnya.
- 18. MUNASABAH
AL-QUR’ANA. PengertianMunasabahSecaraetimologi “Munasabah” berarti
al-musyakalahdan al-muqarabah. Menurutterminologiadalahsesuatu yang
menjelaskankorelasimaknaantarayatatauantarsurat. B.
Macam-macamMunasabah1. Munasabahantarasuratdengansuratsebelumnya2.
Munasabahantaranamasuratdantujuanturunnya3.
Munasabahantarabagiansuatuayat4. Munasabahantaraayat yang
letaknyaberdampingan5.
Munasabahantarasuatukelompokayatdengankelompokayatdisampingnya6.
Munasabahantarafashilahdanisiayat7.
Munasabahantaraawalsuratdenganakhirsurat yang sama8.
Munasabahantarapenutupsuatusuratdenganawalsuratberikutnya
- 19.
ApaUrgensidanKegunaan?MempelajariMunasabah1. Untukmemahamimaknaayat yang
satudenganayat yang lain dalamisikandungannyamasing-masing2.
MempermudahparaMufassirdalammemahamiayat-ayatdalam Al Qur’an
sertamemberikanpenjelasanterhadapayat-ayat Al Qur’an 3.
Untukmembantahsebagiananggapanorangbahwatema-tema Al Qur’an
tidakmemilikirelevansi antarasatubagiandenganbagian yang lainnya
- 20.
MunasabahantarasuratdengansuratsebelumnyaMunasabahantaranamasuratdantujuanturunnyaMunasabahantarabagiansuatuayatMunasabahantaraayat
yang
letaknyaberdampinganMunasabahantarasuatukelompokayatdengankelompokayatdisampingnyaMunasabahantarafashilahdanisiayatMunasabahantaraawalsuratdenganakhirsurat
yang
samaMunasabahantarapenutupsuatusuratdenganawalsuratberikutnyaMacam-macamMunasabahTa’kidTafsirI’tiradhTaysdidJelasMacam-macamMunasabahantaraayat
yang berdampingantanzirMudharatIstithradTakhallushTidakjelas
- 21.
MAKIYYAH DAN MADANIYYAHA. PengertianMakiyyahadalahayat-ayat yang
diturunkansebelumRasulullahhijrahkeMadinahMadaniyyahadalahayat-ayat yang
diturunkansesudahRasulullahhijrahkeMadinahB.
KlarifikasiAyatdanSurat-surat Al Qur’an1. Dari sudutMasa2. Dari
SudutTempatTurunnyaAyat3. Dari SudutMukhattab / orang yang dituju
- 22.
Ciri - ciriayatMakiyyahdanMadaniyyahCiri-ciriayatMakiyyah1.
Menyerukepadaketauhidan2. Peringatandanancamandarisyirik3.
Seruanuntukberimankepadahariakhirdankebangkitanmanusiadarikubur4.
Berisitantanganterhadaporangarabuntukmembuatsebuahsuratseperti Al
Qur’an5. Kisah - kisahpendusta yang telahlalu6. Jihad
ataumemerangikaummusyrikinCiri-ciriayatMadaniyyah1. Seruan jihad
ataumatidijalan Allah 2.
Penjelasantentangjaminanhukum-hukumislamsepertiRibadll3.
Penjelasanmengenaihukumhadd, sepertizina, mencuridsb4.
Membongkaraibkaummunafik5. MembungkamocehanahlikitabdanbangsaYahudi
- 23.
ApaKegunaan?mempelajarinya1. Membantuahlitafsirdalammenafsirkan Al
Qur’an 2. Bisamenghayatiuslub-uslub Al Qur’an
danmengambilfaedahnyauntukditerapkanpadakaedah-kaedahdakwah3.
Mempelajariperjalanansejarahdarisela-selaayat Al Qur’an4.
Pengetahuantentangkebenaran yang fundamental misi Al Qur’an diturunkan
- 24.
AL MUHKAM DAN AL MUTASYABIHA. DefinisiAl
MuhkamsecaraetimologisberartimelarangdanmenyempurnakansesuatuSecaraterminologisberartikalimat
yang memberikanmakna yang jelasdandapatdijangkauolehpemahamanakalAl
Mutasyabihsecaraetimologisberartikeraguan,
kemiripanataukebingunganSecaraterminologisberartisesuatu yang
memberikanmakna yang tidakjelas,
tidakdapatberdirisendiridanmembutuhkanketerangan yang lain
- 25.
B. SikapparaUlamaTerhadapAyat-ayatMuhkamatdanMutasyabihat-
Sebagianulamaberpendapatbahwaayatmutasyabihtidakdapatdiketahuikecualihanyaoleh
Allah Merekamencobamengembalikanayatmutasyabihkepadaayatmuhkam.
Sepertifirman Allah SWT:إن الله يغفر الذنوب جميعا- Al Raghib Al
Ashfahaniberpendapatbahwaayat-ayatMutasyabihterbagimenjaditihgabagian :
1. ayat-ayat yang tidakdapatdijangkaumaksudnyaolehakalmanusiadanhanya
Allah SWT sendiri yang mengetahui2. ayat-ayat yang
berkaitandenganhukumataubahasadandapatdiketahuiolehالراسخون فى العلم 3.
ayat-ayat yang hanyadiketahuiolehulama-ulamatertentu yang
sudahmendalamiIlmuayat (الراسخون فى العلم )
- 26. FawatihAl
SuwarCiri-cirinyaBanyaksurat-suratnya yang
dimulaidenganhuruf-hurufmuqothaahdanterdapatpadapembukaansuratMacam-macambentukFawatih
Al Suwar1. Bentuk yang terdiridarisatuhuruf2. Bentuk yang
terdiridariduahuruf3. Pembukaansurat yang terdiridaritigahuruf4.
Pembukaansurat yang terdiridariempathuruf5. Pembukaansurat yang
terdiridari lima huruf
- 27. PendapatparaUlamatentangFawatih Al
SuwarPembukaan-pembukaansuratataupotongansuratinitermasukayat-ayatMutasyabihatmaka,
memilikiduapendapatparaulamaPendapat yang pertama
:Ulamamemahaminyasebagairahasia yang hanyadiketahuioleh Allah
SWTPendapat yang kedua
:Memandanghuruf-hurufdiawalsurat-suratsebagaihuruf-huruf yang
mengandungpengertian yang dapatdipahamiolehmanusia.
- 28. D.
ArtipentingdanUrgensimempelajariAyat Al Muhkamdan Al Mutasyabih1.
Mempermudahmenafsirkansuatuayatdanmengambilhukumayat-ayat Al Qur’an 2.
Para
MufassirdanFuqahadapatmengambilhikmahnyadansekuattenagauntukmendapatkankejelasanmaknanyameskipundengancaramenta’wilkan/
mentarjihkan3. Para
Mufasirdalammendalamisuatuayatbukansajadarisegihurufdankalimatsaja,
namundapatmemahamisatukalimatdaribayandankeindahanbalaghahnya.4. Para
Mufassirdalammenterjemahkanmaknaayat-ayat Al
Mutasyabihdapatmenggambarkansecaraabstrakbukansecarafisikdalamhalmenyarikansifat-sifatayat.
- 29. QIRA’AT AL QUR’ANA.
DefinisiQira’atQira’atsecaraetimologisberartibacaanataucaramembacaSecaraterminologisberartipengetahuantentangberagamcaramelafalkankataataukalimat
yang terdapatdidalam Al Qur’an yang memilkiaturantersendiri. B.
LatarbelakangmunculnyaQira’at1. Perbedaancaramelafalkanayat,
perihaltafkhim, tarqiqimalah, idgham, izhar, isyba’, mad, qasar,
tasydid, dantakhfif.2. Perbedaandialekmasing-masingdaerah3.
KhalifahUtsmanmengirimkan Al Qur’an keberbagaidaerah
- 30. Qira’ah
yang
termasyhuradalahQira’ahSab’ahDisebutQira’ahsab’ahkarenadisandarkankepada
imam qira’at yang tujuhMerekaituadalah :1. NafiIbnuNu’aim (70-169 H)2.
Abdullah IbnuKatsir Al Makki (45-120 H)3. Abu AmrIbnu Al-Ala (48-154 H)
4. Abdullah Ibnu Amir (21-118 H)5. Asim Al-Asad W. 127 H6. Hamzah
Al-Kufi7. Al Kisai Al-Farisi
- 31. C.
UrgensiMempelajariQira’atdanPengaruhnyaDalamIstinbat (PenetapanHukum) 1.
Menguatkanketentuanhukum2. Menarjihhukum yang
diperselisihkanparaulama3. Menggabungkanduaketentuanhukum yang berbeda4.
Menunjukkanduaketentuanhukum yang berbedadalamkondisi yang berbeda pula
5. Dapatmemberikanpenjelasanterhadapsuatukatadidalam Al Qur’an yang
mungkinsulitdipahamimaknanya.
- 32. MUKJIZAT
AL-QUR’ANDefinisiMukjizatMu’jizatsecarabahasaberartimelemahkanataumenjadikantidakmampuMenurutistilahberartiperistiwaluarbiasa
yang terjadimelaluiseorang yang mengakuNabi. Unsur-unsur yang
terdapatpadaMukjizat1. Hal atauperistiwa yang luarbiasa2.
Terjadiataudipaparkanolehseorang yang mengakuNabi3.
Mengandungtantanganterhadap yang meragukankenabian4. Tidakada yang
mampumenandingiMukjizat
- 33. Segi-segikemukjizatan Al Qur’an 1.
Gaya bahasa2. Susunankalimat3. Hukum Allah yang sempurnaAl Qur’an
menggunakan 2 caradalammenetapkanhukum :a. Secara globalb.
Secaraterperinci
- 34. 4. KetelitianredaksinyaKetelitianredaksi Al
Qur’an bergantungpadahalberikut :a.
Keseimbanganantarajumlahbilangankatadenganantonimnyab.
Keseimbanganjumlahbilangankatadengansinonimnyamakna yang dikandungnyac.
Keseimbanganantarajumlahbilangankatadenganjumlahbilangankata yang
menunjukkanakibatnyad.
Keseimbanganantarajumlahbilangankatadengankatapenyebabnyae.
Keseimbangankhusus
- 35. 5. Beritatentanghal-hal yang gaib6.
Isyarat-isyaratilmiaha.
Cahayamatahatibersumberdaridirinyadancahayabulanmerupakanpantulanb.
Kandunganoksigenpadaketinggiandapatmenyesakkannafasc.
Perbedaansidikjarimanusiad. Aroma/ baumanusiaberbeda-bedae.
Masapenyusuan yang tepatdanmasakehamilan minimalf. Adanyanurani
(superego) danbawahsadarmanusiag. Yang merasakannyeriadalahkulit
- 36.
PendapatUlamatentangsegi-segikemukjizatan Al Qur’an 1. Kemukjizatan Al
Qur’an hanyapadasusunanlafaz-lafaznyasaja. ( Al Jurjani, Al Jahidz,
danAbdQahir Al Jurjani )2. Kemukjizatan Al Qur’an
hanyapadakeilmiahannyasaja. ( Muh. Ismail Ibrahim,
AzZamarkhasaridanFahnurRazi )3. Kemukjizatan Al Qur’an karenauslubnya
lain dari yang lain, susunannyaindah, adanyaberitakejadian yang
akanterjadi. ( Imam Qurtubi ) 4. Kemukjizatan Al Qur’an
adapadakeindahanbahasadanuslub-uslubnya, berisibeberapailmupengetahuan,
memenuhisemuahajatmanusia, adanyaberitagaibdll.( AzZarqani )
- 37.
TAFSIR, TAKWIL, DAN TERJEMAHDefinisiTafsir, Takwil,
danTerjemahKataTafsirdiambildarikataفَسَّرَ - يُفَسِّرُ - تَفْسِيْرًا
yang
berartiketeranganatauuraianMenurutistilahberartiilmumengenaibagaimanacarapengucapanlafazh-lafazh
Al Qur’an sertacaramengungkapkanpetunjukkandungan-kandunganhukum,
danmakna-makna yang terkandungdidalamnya.
KataTakwildiambildarikataأَوَّلَ – يُأَوِّلُ – تَأْوِيْلاًyang
berartimenerangkanataumenjelaskanMenurutistilahberartimengembalikansesuatukepadaGhayahnya,
yaknimenerangkanapa yang dimaksud.
- 38.
ArtiTerjemahadalahsalinandaribahasakebahasa lain
ataumemindahkankalimatdarisuatubahasakebahasa lain.
Penerjemahanterbagimenjadi 3 corak
- 40. KLASIFIKASI TAFSIRTafsir
bi Al Ma’tsurTafsir bi Al Ra’yiTafsir bi Al
Ma’tsuradalahpenafsiranAl,Qur’an yang mendasarkanpadapenjelasan Al
Qur’an, Rasul, pasaSahabatmelaluiijtihadnyadanaqwaltabi’in.
- 41.
Sumberpenafsiran bi al ma’tsur1. Al Qur’an 2. OtoritashaditsNabi3.
Otoritaspenjelasansahabat4. Otoritaspenjelasantabi’in
- 42.
Periodepertumbuhantafsir bi Al Ma’tsura. Periode I, masaNabi,
sahabatdanpermulaanmasatabi’in. b. Periode II, masapemerintahanUmar bin
Abd Azizc. Periode III, masadimulainyapenyusunankitabtafsir al ma’tsur
- 43.
1. Menekankanpentingnyabahasadalammemahami Al
Qur’anKeistimewaantafsir bi al ma’tsur2.
Memaparkanketelitianredaksiayatketikamenyampaikanpesan-pesannya3.
Membatasiparamufasir agar tidakterjerumusdalamsubyektifitas yang
berlebihana. Terjadiwadhdalamtafsirb. Masuknyaunsurisrailiyyatc.
PenghilangansanadKelemahantafsir bi al ma’tsurd. Para
mufasirmudahterjerumuskedalamuraiankebahasaandankesastraan yang
bertele-telesehinggapesanpokok Al Qur’an menjaditidakjelase.
Seringkalikonteksturunnyaayatatausisikronologisturunnyaayat-ayathukum
yang dipahamidariuraian (nasikh-mansukh)
- 44. Tafsir bi Al
Ra’yiadalahpenafsiranAl,Qur’an yang
mendasarkanpadaijtihaddanpemikiranmufasir yang
telahmengetahuibahasaarabdanmetodenya, dalilhukum yang
ditunjukkansertaproblemapenafsiran.Sepertiasbab an-nuzul,
nasikh-mansukhSebabmunculnyatafsir bi
Al-Ra’yiAdanyainteraksiumatislamdenganperadabanyunani yang
banyakmenggunakanakal
- 45.
?ApapendapatUlamaTentangKeabsahanTafsir bi
Al-Ra’yiMengenaikeabsahantafsir bi
Al-Ra’yiparaulamaberbedapendapatdanmenjadiduakelompokKelompok yang
melarangKelompok yang mengizinkan
- 46. Argumentasikelompok yang
mengizinkan1. Menafsirkan Al Qur’an
berdasarkanra’yiberartimembicaraknfirman Allah tanpapengetahuan2. Yang
berhakmenjelaskan Al Qur’an hanyalah Allah 3. Rasulullah SAW. Bersabda :
“siapasajamenafsirkan Al Qur’an atasdasarpikirannyasemata,
atauatasasarsesuatuyanhgbelumdiketahuinya,
makabersiap-siaplahmengambiltempatdineraka. 4.
Adanyatradisidikalangansahabatdantabi’inuntukberhati-hatiketikaberbicaratentangpenafsiran
Al Qur’an.
- 47. Argumentasikelompok yang mengizinkan1. Di
dalamAlQur’anbanyakayat-ayat yang menyerukanuntukmendalamikandungan Al
Qur’an 2. Mengapaijtihaddiperbolehkan? Nabitidakmenjelaskansetiapayat Al
Qur’an 3. Para
sahabatseringberselisihpendapatmengenaipenafsiransuatuayat.4.
Rasulullahpernahberdo’auntukIbnuAbbas.Doatersebutberbunyi :اللهم فقه فى
الدين وعلمه التأويل“ ya Allah berilahpehaman agama
kepadaIbnuAbbasdanajarilahiatakwil ”
- 48. Coraktafsir bi Al
Ra’yiMaqbul/MahmudahMardud/Madzmum
- 49. Tafsir bi
ArRa’yidapatditerimaselamamenghindarihal-halberikut :1.
Memaksakandirimengetahuimakna yang dikehendaki Allah
padasuatuayattanpamemenuhisyaratuntukitu2.
Mencobamenafsirkanayatyanmaknanyhahanyadiketahui Allah (otoritas Allah
semata) 3. Menafsirkanayat Al Qur’an
dengandisertaihawanafsudansikapistihsan5.
MenafsirkanAlQur’andenganmemastikanbahwamakna yang dikehendaki Allah
adalahdemikian …. Tanpadidukungdalil.
- 50. الحمد لله رب العالمين
والسلام ....
No comments:
Post a Comment